Jadwal Tes Resmi MotoGP Sepang 2018

HargaTop.com – Jadwal Tes Resmi MotoGP Sepang 2018 akan berlangsung mulai hari Minggu 28 Januari 2018 di Sepang International Circuit, Malaysia. Selama tiga hari ke-23 pembalap akan melakukan ujicoba di Malaysia sebagai persiapan menyambut dimulainya balap resmi pertama MotoGP 2018 yang akan digelar bulan Maret mendatang.

Dimulai sejak hari Minggu (28/1/2018), ke-23 pembalap dari 12 tim akan melakoni sesi uji coba selama 8 jam per hari. Sebelumnya, sejumlah tim telah lebih dahulu mengungkapkan desain motor serta pembalap yang akan melintas di trek MotoGP tahun ini, termasuk tim Movistar Yamaha bersama Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Bagi Valentino Rossi, ini akan menjadi musim terakhirnya bersama Yamaha mengingat masa kontraknya akan berakhir di akhir musim 2018. The Doctor memutuskan untuk menunggu lebih dahulu sebelum berkomitmen pada kontrak Yamaha MotoGP yang baru untuk melihat apakah dirinya termotivasi atau lebih memilih ‘diam di rumah di atas sofa’.

“Biasanya kami selalu berbicara tentang (kontrak) dua tahun, namun ini mungkin juga satu (tahun). Yamaha terbuka. Saya ingin menunggu (untuk menandatangani kontrak kembali), terutama untuk tes dan mungkin tiga balapan pertama musim ini,” ungkap Rossi terkait masa kontrak yang akan berakhir, seperti dilansir dari Euro Sport (24/1/2018).

“Kami cukup siap dan saya pikir kami tidak terlalu banyak mendiskusikan mengenai kontrak, jadi kami positif, optimis. Kami tidak terburu-buru, saya pikir kami akan mengatakan sesuatu pasca hari-hari tes. Poin-nya adalah saya harus memutuskan seandainya saya tetap di sini, saya memiliki motivasi yang cukup untuk memberikan 100%, untuk tetap konsentrasi dan berlatih setiap hari.

“Atau saya lebih memilih tinggal di rumah di atas sofa untuk menyimak balapan melalui televisi atau bekerja dengan para pembalap muda. Ini keputusan yang harus saya ambil jika saya ingin meneruskan atau tidak,” paparnya.

Meneruskan sesi pra musim yang sebelumnya diadakan di Valencia akhir tahun lalu, Rossi dan Vinales akan memanfaatkan ajang uji coba ini untuk membandingkan antara sasis 2016 dan 2017 dari motor balap Yamaha serta menemukan solusi masalah ban.

“Ini adalah tes yang penting, Valencia dan terutama Sepang karena kami harus konsentrasi dan membandingkan motor (versi) ’17 dan ’16, namun juga dua sasis lainnya yang kami gunakan sepanjang musim. Saya dan Maverick memiliki ide sama dan saya pikir kami memiliki informasi yang bagus bagi Yamaha untuk membuat perkembangan. Kini kami harus melihat apakah kami mendapatkan perasaan yang lebih baik.

“Saya pikir ini akan menjadi penting, tes pertama, karena dengan motor lama di tes pertama (Valencia, 2017) saya tidak merasa sangat nyaman, jadi saya penasaran untuk mengerti perasaan saya di Sepang,” ungkap Rossi.

Dafar 23 Pembalap MotoGP 2018

Keputusan Jonas Folger yang secara tiba-tiba mengundurkan diri dari musim balap MotoGP 2018 membuat Johann Zarco belum memiliki ‘pasangan’ permanen di tim Monster Yamaha Tech3. Dengan demikian, baru 23 pembalap yang terdaftar secara resmi untuk berlaga di MotoGP musim ini.

Meskipun demikian, pembalap asal Kolombia Yonny Hernandez dipastikan akan menggantikan Folger di tes resmi pra musim MotoGP 2018 di Sepang International Circuit. Pembalap berusia 29 tahun tersebut akan beraksi menggunakan motor balap Yamaha YZR-M1 selama tiga hari ajang uji coba di Malaysia, namun tim Monster Yamaha Tech3 berencana baru akan mengungkapkan siapa pengganti resmi Folger menjelang tes kedua di Thailand yang berlangsung pertengahan Februari mendatang.

Berikut daftar pembalap MotoGP 2018:

Aprilia Racing Team Gresini:
Aleix Espargaro, Scott Redding

Ducati Team:
Andrea Dovizioso, Jorge Lorenzo

Aima Pramac Racing:
Danilo Petrucci, Jack Miller

Reale Avintia Racing:
Xavier Simeon, Esteve Rabat

Angel Nieto Team:
Karel Abraham, Alvaro Bautista

Estrella Galicia 0,0 Marc VDS:
Thomas Luthi, Franco Morbidelli

Repsol Honda Team:
Dani Pedrosa, Marc Marquez

LCR Honda:
Takaaki Nakagami, Cal Crutchlow

Red Bull KTM Factory Racing:
Bradley Smith, Pol Espargaro

Team Suzuki Ecstar:
Andrea Iannone, Alex Rins

Monster Yamaha Tech 3:
Johann Zarco

Movistar Yamaha MotoGP:
Valentino Rossi, Maverick Vinales

Jadwal tes resmi MotoGP Sepang 2018:

Minggu, 28 Januari 2018
Pukul 09:00 – 17:00 WIB

Senin, 29 Januari 2018
Pukul 09:00 – 17:00 WIB

Selasa, 30 Januari 2018
Pukul 09:00 – 17:00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here