Gempa bumi - Ilustrasi
Gempa bumi - Ilustrasi

Gempa besar terjadi di daerah Jakarta dan sekitarnya sekitar pukul 13:34 WIB pada hari Selasa (23/1/2018). Pusat gempat dikabarkan berasal dari Lebak, Banten, dengan kekuatan 6,1 Magnitudo.

Berita mengenai gempa Jakarta langsung menyebar luar di sosial media dan media mainstream karena terjadi secara merata. Menurut update terbaru dari BMKG, lokasi gempa berasal dari 43 km ke arah Barat Daya sekitar Lebak, Banten, dengan kedalaman pusat gempa 61 km.

Sebelumnya dikabarkan gempa di Jakarta, Banten dan sekitarnya berkekuatan 6,4 Magnitudo. Namun BMKG melakukan update terkini sesuai data-data terakhir yang masuk bahwa gempa yang terjadi sebesar 6,1 Magnitudo.

Dari pengalaman kami di daerah Jakarta Barat, Cengkareng, gempa terjadi cukup lama sekitar 30 detik hingga 1 menit. Tanah terasa bergoyang membuat warga sekitar langsung berlari keluar dari rumah masing-masing.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam keterangannya kepada pers saat wawancara di televisi mengatakan supaya warga tidak panik dan tetap waspada.

Dwikorita juga mengatakan bahwa gempa hari ini tidak berpotensi Tsunami. “Sampai saat ini tidak berponsi tsunami. Jangan panik,” kata Dwikorita kepada wartawan sesaat lalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here