Jonas Folger pembalap MotoGP
Jonas Folger lewatkan MotoGP 2018 akibat penyakit langka

HargaTop.com – Kabar prihatin datang jelang dimulainya rangkaian balap motor MotoGP 2018. Pembalap Yamaha Tech3 Jonas Folger dipastikan tidak dapat mengikuti musim baru MotoGP tersebut akibat menderita penyakit langka yang disebut Sindrom Gilbert.

Ajang MotoGP 2018 baru akan dimulai pada 18 Maret 2018, namun tiga ujicoba resmi akan mulai digelar sejak akhir Januari. Sayangnya, setelah menampilkan aksi memukau di tahun 2017, pembalap asal Jerman, Jonas Folger, dipastikan melewatkan MotoGP 2018 akibat penyakit Sindrom Gilbert, kelainan genetik yang mempengaruhi sekitar 2-5 persen populasi dimana hati tidak dapat mengolah toksin secara efektif.

“Saya benar-benar sedih mengatakan hal ini, namun saya tidak akan balapan MotoGP di tahun 2018. Saya tidak mampu membuat peningkatan yang diharapkan dan pada tahap ini saya merasa tidak mampu balapan dengan mesin MotoGP secara 100 persen,” ungkap Folger, Rabu (17/1/2018), seperti dilansir dari situs MotoGP.

“Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang terlibat, terutama tim Monster Yamana Tech3, Yamaha Factory Japan, Monster Energy, HJC, IXON, Forma Boots, dan Rudy Project. Saya harap dapat kembali suatu hari nanti dan saya ingin berterima kasih untuk dukungan yang tiada habisnya,” ujarnya.

Tidak hanya bagi penggemar, keputusan Folger pun mengejutkan manajer tim, Herve Poncharal. “Tadi malam (Selasa) saya mendapat telepon dari Bob Moore, manajer pribadi Jonas Folger. Saya tidak dapat percaya apa yang dikatakan Bob di telepon, bahwa Jonas Folger memutuskan untuk tidak balapan di musim MotoGP 2018 karena merasa tidak 100 persen pulih secara fisik dan mental.

“Ini masih sulit saya percayai, bahwa dia tidak akan balapan bersama kami di 2018, terutama karena dia merupakan sosok yang sangat saya yakini dan saya yakin dia akan mencapai level top bersama tahun ini. Saya sepenuhnya menghormati keputusannya, meskipun ini sulit diterima,” tutur Poncharal.

Keputusan Folger dipastikan menciptakan ‘PR’ baru bagi tim Yamaha Tech3, yakni untuk mencari pembalap pengganti yang akan mendampingi Johann Zarco tahun ini. Terlebih saat ini nyaris seluruh pembalap handal telah memiliki kontrak masing-masing.

“Saya akan mencoba menemukan solusi pembalap pengganti, yang merupakan misi yang sulit, secara seluruh pembalap cepat telah dikontrak. Namun seperti selalu terjadi di balapan kami perlu proaktif, inventif, dan diharapkan kami dapat membuat seseorang sangat gembira,” pungkasnya.

Jonas Folger menempati posisi ke-10 dalam klasemen akhir MotoGP 2017 dengan mengoleksi total 84 poin. Di tahun pertamanya dalam ajang MotoGP, Folger sempat mencicipi podium sebagai juara dua saat balapan di tanah kelahirannya, Jerman, pada awal Juli 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here