Valentino Rossi 'The Doctor' VR-46 MotoGP Jerman 2017
Valentino Rossi 'The Doctor' VR-46

HargaTop.com – Valentino Rossi siap beraksi di MotoGP Aragon Spanyol 2017!. Keputusan tersebut diambil Rossi setelah mendapatkan hasil positif pasca menjalani pemeriksaan kesehatan bersama dokter yang menangani operasi terkait keretakan tulang tibia dan fibula di kaki kanannya, Dr. Raffaele Pascarella.

Sebelumnya, Rossi terpaksa melewatkan seri balap MotoGP San Marino Italia 2017 di sirkuit Misano akibat cedera yang dialaminya akhir bulan Agustus 2017, yang menyebabkan dirinya mengalami patah tulang tibia dan fibula di kaki kanannya. Menurut prediksi Dr. Pascarella, pemulihan pasca operasi penyisipan pin logam akan membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 40 hari sebelum The Doctor dapat kembali ke lintasan.

Namun ternyata, Rossi memutuskan untuk kembali lebih awal dengan melakukan dua sesi latihan pribadi di sirkuit Misano di awal pekan ini. Hanya berselang 17 hari setelah menjalani operasi, pada hari Senin (18/9/2017) peraih 9 kali gelar Juara Dunia tersebut memutuskan untuk kembali berlatih, meskipun hanya dalam waktu singkat akibat diganggu hujan.

Di hari kedua, tepatnya hari Selasa (19/9/2017), Rossi telah kembali mengendarai motor balapnya, YZF-R1M dan berhasil menyelesaikan total 20 lap dalam sesi latihan pribadi yang berlangsung sekitar 2 jam.

“Beruntung, kemarin (Selasa) saya melewati tes yang bagus bersama YZF-R1M di Misano. Saya juga mencobanya satu hari sebelumnya, namun hujan menghentikan saya setelah beberapa lap. Kemarin saya berhasil menyelesaikan 20 lap dan menemukan jawaban yang saya cari. Akhirnya, tes-nya positif dan saya ingin menyampaikan terima kasih pada Dr. Lucidi dan staf-nya, yang membantu saya menemukan solusi terbaik untuk meminimalkan rasa sakit di kaki saya sebisa mungkin ketika saya berkendara.

“Tak dapat dipungkiri pada akhir tes saya merasa sedikit sakit, namun pagi ini (Rabu) saya pergi ke Dr. (Raffaele) Pascarella untuk pemeriksaan kesehatan dan hasilnya positif. Pada akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke Aragon untuk mencoba mengendarai M1 di akhir pekan. Jika saya dinyatakan fit sepenuhnya, saya akan mendapat jawaban sebenarnya setelah sesi latihan bebas pertama (FP1) karena mengendarai M1 akan menjadi tantangan yang lebih besar. Sampai jumpa di Aragon,” tutur Rossi seperti dilansir dari situs Movistar Yamaha MotoGP (20/9/2017).

Meskipun Rossi memutuskan untuk mencoba turut serta dalam MotoGP Aragon Spanyol 2017, namun pembalap Yamaha WorldSBK, Michael van der Mark, akan tetap hadir di Aragon dalam statusnya sebagai pembalap pengganti. Van der Mark siap turun ke lintasan seandainya Rossi dinyatakan tidak fit atau jika pemilik nomor balap VR 46 tersebut merasa tidak dapat berkompetisi di balap final hari Minggu setelah melewati sesi latihan bebas.

Hingga seri ke-13, Valentino Rossi masih menduduki posisi ke-4 di klasemen sementara MotoGP 2017 dengan total 157 poin, selisih 42 poin dari Marc Marquez yang menempati puncak klasemen. Posisi Rossi dibayang-bayangi Dani Pedrosa yang berada di peringkat ke-5 dengan total 150 poin, hanya selisih 7 poin lebih rendah dari Rossi.

Musim lalu, Rossi berhasil naik podium di Aragon dengan menempati posisi ketiga. Marc Marquez berhasil menjadi juara pertama, sementara Jorge Lorenzo, yang saat itu masih bergabung dengan tim Movistar Yamaha, mengakhiri MotoGP Aragon di urutan kedua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here