Aplikasi Android 'Ayo Mudik'

HargaTop.com – Arus mudik Lebaran telah terasa di sejumlah kota di Indonesia memasuki H-7 menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Tradisi mudik diperkirakan akan semakin meningkat hingga mencapai puncaknya pada H-3 Lebaran. Untuk membantu kelancaran arus mudik 2017, pihak pemerintah melalui Kementerian Komunikasi Informatika serta sejumlah kementerian lainnya bahu membahu meluncurkan aplikasi ‘Ayo Mudik’.

“Ini aplikasi mudik terpadu pertama di Indonesia. Aplikasi ini memberikan ketersediaan informasi mengenai jalur mudik, fasilitas yang ada di sepanjang jalur mudik, serta informasi titik kemacetan yang berpotensi memperpanjang durasi perjalanan mudik,” ujar Menkominfo Rudiantara di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Kamis (15/6/2017).

Aplikasi ‘Ayo Mudik’ merupakan hasil kemitraan antara pemerintah dengan perusahaan startup nasional, Kudo Digital Solutions. Bagi pengguna smartphone berbasis Android kini sudah dapat mengunduhnya secara gratis melalui Google Playstore. Namun, aplikasi ‘Ayo Mudik’ dapat digunakan bagi pengguna ponsel berbasis Android versi 4.0.3 Ice Cream Sandwich atau yang lebih tinggi.

“Kami sangat senang bisa membantu Kemkominfo dalam menciptakan aplikasi terpadu ini. Tim pengembang aplikasi kami merupakan talenta pengembang berbakat dari Indonesia dan telah mampu menciptakan aplikasi ini dalam kurun satu bulan,” kata Albert Lucius, CEO dan Co-Founder Kudo.

Menurut pantauan tim HargaTop melalui Playstore, aplikasi Android ‘Ayo Mudik’ membantu pemudik untuk mengetahui beberapa informasi penting saat tengah dalam perjalanan mudik Lebaran. Salah satunya adalah rute mudik yang dapat membantu pemudik memilih jalur mudik alternatif untuk dapat sampai ke kampung halaman dengan waktu tercepat.

Sayangnya, aplikasi Android tersebut hingga saat ini hanya menyediakan rute mudik untuk Pulau Jawa saja. Namun, pengembangan ke rute mudik di pulau lainnya terus akan dilakukan. “Saat ini hanya tersedia rute mudik untuk Pulau Jawa saja. Rute di pulau lain akan segera ditambahkan. Nantikan terus info terbaru dari kami,” demikian informasi yang tertera di laman aplikasi ‘Ayo Mudik’ di Google Playstore.

Selain rute mudik, aplikasi ‘Ayo Mudik’ juga memberikan berbagai informasi yang dibutuhkan selama perjalanan mudik. Untuk menjaga keamanan selama mudik, tersedia informasi terkait pos polisi terdekat, posko mudik, dan posko kesehatan. Sementara untuk memenuhi kebutuhan kendaraan, hadir informasi SPBU dan Kios BBM serta bengkel yang paling dekat dengan posisi pemudik.

Untuk membantu pemudik tetap menjalankan ibadah dengan sempurna, maka hadir informasi mengenai posisi Masjid terdekat. Selanjutnya, lokasi ATM dan rest area terdekat pun dapat ditemukan lewat aplikasi Android ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here