Rossi, Marquez, Pedrosa, Lorenzo, Zarco, Baz
Rossi, Marquez, Pedrosa, Lorenzo, Zarco, Baz dalam konferensi pers MotoGP Prancis 2017

HargaTop.com – Jadwal MotoGP Prancis 2017 akan dimulai hari ini, Jumat (19/5/2017), di sirkuit Bugatti Le Mans. Tidak seperti biasanya, dalam konferensi pers kali ini tidak ada pertanyaan dari medsos untuk para pembalap sebagai tanda turut prihatin dengan kecelakaan yang menimpa juara MotoGP 2006, Nicky Hayden.

“Kabar yang sangat sangat buruk dari kemarin, awalnya sulit bagi kami untuk menyadari namun saya berbicara langsung kepada teman saya yang memberitahukan kabarnya sejak awal yang sangat sulit untuk Nick. Dan secara perlahan-lahan kami mulai menyadari keadaan yang sangat tidak menyenangkan karena Nicky adalah pembalap luar biasa, pastinya, juara luar biasa yang selalu di atas, namun terutama dia adalah orang yang sangat baik,” tutur Valentino Rossi di konferensi pers jelang balap MotoGP Prancis 2017 (18/5/2017).

Nicky Hayden mengalami kecelakaan saat tengah bersepeda. Sebuah mobil yang menabrak sepedanya mengakibatkan pembalap berusia 35 tahun tersebut mengalami cedera otak yang menyebabkan kondisinya sangat kritis, demikian laporan yang dilansir tim HargaTop via Fox Sports (19/5/2017).

Selanjutnya, lima pembalap yang mewakili para pembalap MotoGP lainnya, yakni Rossi, Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Johann Zarco, dan Lors Baz, masing-masing mengutarakan pendapat mengenai seri ke-5 MotoGP 2017 yang diselenggarakan di sirkuit Le Mans. Beberapa waktu sebelum balap MotoGP ini diselenggarakan, lintasan sirkuit tersebut mengalami perbaikan (resurfaced) dengan aspal baru yang dapat menciptakan pengalaman baru bagi para pengendara.

“Kami melakukan tes satu hari sebelum Jerez dan untuk mengerti permukaannya (lintasan) namun kondisinya saat itu tidak fantastis karena sangat dingin dan basah di pagi hari kemudian kering pada sore hari. Mereka melakukan pekerjaan yang bagus, menurut saya, karena aspalnya luar biasa dan jauh lebih baik dalam ‘benjolan’ (bumps), nyaris tidak ada ‘benjolan’, dan juga grip yang bagus karena ban-nya juga bekerja sangat baik. Jadi saya pikir akan jadi positif bagi semuanya,” ujar Rossi.

Sama dengan Rossi, Marc Marquez pun mengawali pendapatnya tentang Le Mans dengan sedikit menyinggung mengenai Jerez. “Jerez mencengangkan tim Honda karena biasanya kami mengira akan lebih bergumul. Namun meskipun itu bukan salah satu minggu terbaik saya, saya bisa bertarung untuk kemenangan hingga lap terakhir. Dan saya juga gembira tentang tes hari Senin karena saya melakukan sangat banyak lap dan mencoba banyak hal.

“Di Le Mans kami akan lihat, permukaan lintasan menjadi tanda tanya lainnya – tahun ini berbeda, kami memiliki motor balap yang berbeda jadi kami akan mencoba melakukan yang terbaik. Kami memiliki sejumlah data dari Cal Crutchlow ketika dia tes di sini, jadi kami akan mencoba dan menggunakannya. Saya menyukai sirkuitnya, banum meskipun ini lintasan yang saya suka, untuk beberapa alasan tertentu hasilnya terkadang tidak tiba. Kami akan lihat. Hasil podium di sini akan menjadi salah satu yang bagus,” kata Marquez.

Senada dengan Rossi dan Marquez, Pedrosa pun mengaku masih butuh menguji permukaan lintasan yang baru di Le Mans. Selain faktor lintasan, juara MotoGP Spanyol 2017 tersebut juga menyoroti faktor cuaca yang kerap berubah-ubah di sirkuit tersebut.

“Kami perlu untuk mencoba permukaan (lintasan) baru di sini namun saya pikir para pembalap yang telah mencoba mengatakan gripnya bagus. Jadi ini mengenai mempelajari bagaimana merasakan tikungannya, dimana ada benjolan atau tidak. Namun saya pikir setelah tes terakhir basis kami cukup bagus, jadi kami harap mengawali akhir pekan bersama motor balap yang kami miliki dalam dua balapan terakhir. Kami akan mengecek lintasan dan cuaca, kami perlu waktu lintasan untuk mencoba ban, namun mungkin besok (Jumat siang WIB) akan hujan,” jelas Pedrosa.

Sedangkan bagi Jorge Lorenzo, sirkuit Bugatti Le Mans merupakan ‘lintasan magis’ yang membuatnya mampu mencetak rekor terbaik dalam balap MotoGP. Di sirkuit ini Lorenzo berhasil menorehkan namanya sebagai juara terbanyak, yakni 5 kali, termasuk dalam 2 musim MotoGP terakhir secara beruntun.

“Bagi saya, Le Mans selalu menjadi lintasan bagus, sejak 2003. Jadi sebuah lintasan magis bagi saya dan ini dapat menjadi lintasan yang bagus untuk Ducati seperti yang telah kita saksikan. Coba lihat bersama aspal baru, bagaimana grip dan bejolannya. Dan cuaca, sepertinya akan hujan namun ini berubah-ubah setiap hari,” tutur Lorenzo.

Meskipun saat ini Lorenzo masih berjuang di peringkat ke-9 dalam klasemen sementara MotoGP 2017 dengan meraih 28 poin, selisih 34 poin dibandingkan Rossi yang berada di tempat teratas, namun X-Fuera masih percaya terhadap peluang untuk memperbaiki kinerjanya hingga akhir musim ini.

“Saya percaya pada diri saya dan tim saya dan potensi motor balap. Saya perlu lebih banyak kilometer. Ini belum berakhir, masih ada pekerjaan untuk dilakukan, dan saya merasa lebih alami bersama motor balap tersebut sekarang,” ujar Lorenzo.

Jadwal latihan bebas pertama MotoGP Prancis 2017 akan dilaksanakan hari ini, Jumat (19/5/2017), mulai pukul 14:55 WIB di sirkuit Bugatti, Le Mans. Sedangkan puncak balap final (final race) diselenggarakan hari Minggu (21/5/2017) mulai pukul 19:00 WIB untuk menentukan siapa yang akan menjadi juara MotoGP Prancis 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here