Jadwal siaran langsung, Live Streaming, Hasil Live Race Kualifikasi dan klasemen Motogp Prancis 2017 di sirkuit Le Mans

HargaTop.com – Hasil FP1 MotoGP Prancis 2017 : Miller Juara Latihan Bebas Pertama di Le Mans, Rossi ke-8. Latihan bebas pertama MotoGP Prancis 2017 dilaksanakan hari ini, Jumat (19/5/2017), di sirkuit Le Mans. Menariknya, para pembalap MotoGP akan mencicipi permukaan lintasan dengan lapisan aspal yang baru yang, menurut Valentino Rossi, luar biasa.

Rossi datang ke Prancis dalam status sebagai pemuncak klasemen sementara MotoGP 2017 dengan meraup total 62 poin. Namun ketatnya persaingan di posisi Top 5 membuat The Doctor ‘wajib’ mendulang poin semaksimal mungkin di Le Mans untuk mempertahankan posisinya. Sebagai gambaran, Maverick Vinales ada di posisi runner up dengan selisih ‘hanya’ 2 poin lebih rendah, diikuti Marc Marquez (58 poin), Dani Pedrosa (52 poin), dan Andrea Dovizioso (41 poin).

Selain menyoroti pembaharuan permukaan lintasan yang akan menciptakan pengalaman baru, para pembalap pun terus memantau kondisi cuaca di sirkuit Le Mans yang cenderung berubah-ubah, termasuk menjelang digelarnya sesi latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Prancis 2017.

Setelah matahari bersinar dan kondisi lintasan kering di pagi hari, perlahan-lahan siluet awan mendung mulai menaungi sirkuit Le Mans. Nampaknya, udara dingin berkabut-lah akhirnya yang akan menyambut para pembalap MotoGP dalam sesi latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Prancis 2017, dengan lintasan lembab dan basah di sebagian titik.

Latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Prancis 2017 dimulai. Ke-23 pembalap mulai menuju lintasan ‘baru’ sirkuit Le Mans. Tulisan #StayStrongNicky menghiasi motor balap Marc Marquez dan Dani Pedrosa sebagai bentuk dukungan terhadap Nicky Hayden yang mengalami kecelakaan.

Lorenzo menjadi pembalap pertama yang mencatatkan waktu, diikuti Baz, Barbera, Marquez, dan Abraham mengunci posisi 5 besar. Rossi di urutan ke-7, Vinales masih di urutan 14.

Marquez dan Rossi melesat ke posisi 1-2. Tidak lama kemudian, Miller mengambil alih posisi puncak dengan catatan waktu 1 menit 45,967 detik, diikuti, Marquez dan Vinales. Rossi tergeser ke urutan 5.

Kejar-kejaran waktu sangat ketat di 5 menit pertama FP1 MotoGP Prancis 2017. Miller di posisi puncak berhasil memperbaiki catatan waktu menjadi 1 menit 43,960 detik, diikuti Marquez, Zarco, Bautista, dan Rossi.

Posisi 10 besar pada 35 menit jelang akhir FP1 : Miller, Marquez, Zarco, Bautista, Rossi, Pedrosa, Petrucci, Lorenzo, Vinales, A Espargaro.

Vinales berhasil memimpin barisan dengan waktu 1 menit 43,407 detik, diikuti Miller, Pedrosa, Petrucci, dan Marquez. Namun kemudian posisi Vinales digantikan Lorenzo dengan catatan waktu 1 menit 43,353 detik.

Tiga posisi teratas kini ditempati Miller, Lorenzo, dan Vinales. Crutchlow melesat ke urutan 5, mengintai posisi Pedrosa yang kembali ke pit. Lowes kemudian menggeser posisi Crutchlow. Lorenzo berhasil memimpin dengan catatan waktu 1 menit 42,606 detik.

Sebagian pembalap kembali ke pit setelah 15 menit mencicipi lintasan. Posisi 10 besar pada 30 menit jelang akhir FP1 : Lorenzo, Miller, Vinales, Petrucci, Pedrosa, Lowes, Crutchlow, Bautista, Zarco, Marquez.

Zarco memperbaiki catatan waktu dan kini berada di urutan ke-4, sedangkan Vinales menjadi yang tercepat dengan waktu 1 menit 42,546 detik. Rossi masih berjuang di urutan 16.

Vinales (1′ 42,546), Lorenzo, Miller, Zarco, Petrucci mengunci posisi 5 besar pada 25 menit jelang akhir FP1. Pedrosa di urutan ke-6 dan Marquez ke-11. Untuk sementara, Rossi masih tertinggal di urutan 19.

Iannone melesat ke posisi 6, menggeser Pedrosa. Kondisi cuaca pun mulai membaik dengan kehadiran matahari dan langit yang membiru. Folger berhasil ‘mencuri’ posisi puncak dengan 1 menit 42,186 detik, diikuti Pedrosa dan Abraham. Masih tersisa 20 menit jelang akhir FP1.

Marquez melesat ke urutan pertama dengan catatan waktu 1 menit 41,837 detik, diikuti Folger, Pedrosa, Abraham, dan Bautista. Vinales tergeser ke urutan 6, Iannone 7, dan Lorenzo 8.

Posisi 10 besar pada 15 menit jelang akhir FP1 : Marquez, Folger, Pedrosa, Abraham, Bautista, Vinales, Iannone, Lorenzo, Petrucci, Dovizioso.

Lorenzo melesat ke posisi 2 selisih 0,110 detik dari Marquez. Beberapa pembalap mulai mengganti pilihan ban sehubungan perubahan cuaca. Rossi, yang terus berada di pit, kini di urutan ke-22 dalam 12 menit tersisa.

Dovizioso terus memperbaiki catatan waktu, kini berada di urutan ke-4, satu tingkat di atas Pedrosa. Rossi akhirnya kembali ke lintasan. Posisi 10 besar pada 10 menit jelang akhir FP1 : Marquez, Lorenzo, Folger, Dovizioso, Pedrosa, Abraham, Bautista, Redding, Vinales, Iannone.

Miller melesat menjadi yang tercepat dengan 1 menit 40,173 detik. Marquez, Dovizioso, Bautista, dan Lorenzo mengunci posisi 5 besar. Rossi masih belum berhasil memperbaiki posisi dan berada di urutan 22, sedangkan Vinales di urutan 10.

Bautista menggeser posisi Marquez dan kini berada di urutan 2. Miller terus memperbaiki catatan waktunya hingga 1 menit 39,328 detik dan masih menjadi yang tercepat. Vinales berhasil lompat ke posisi 2, sedangkan Rossi baru berhasil ke urutan 20. Masih ada 4 menit tersisa.

Posisi 10 besar pada 4 menit jelang akhir FP1 : Miller, Vinales, Bautista, Marquez, Pedrosa, Iannone, Dovizioso, Petrucci, Lorenzo, Crutchlow.

Miller lagi-lagi memperbaiki catatan waktu menjadi 1 menit 38,204 detik. Baz melesat ke urutan 3 pada 2 menit jelang akhir FP1. Iannone di urutan 5, Marquez 6, dan Rossi mulai bergerak ke posisi 17.

Marquez kini di urutan ke-2, sementara Miller nyaman di posisi puncak dan berhasil memperbaiki catatan waktu menjadi 1 menit 37,467 detik. Crutchlow lompat ke posisi 2, Rossi ke urutan 5!

Posisi terus berubah jelang akhir FP1. Miller, Marquez, Zarco, Crutchlow, dan Baz masih di urutan 5 besar.

FP1 selesai. Hasil latihan bebas pertama (FP1) MotoGP Prancis 2017 posisi 10 besar : Miller, Marquez, Zarco, Crutchlow, Baz, Abraham, Smith, Rossi, Bautista, Vinales.

Selanjutnya, jadwal latihan bebas kedua MotoGP Prancis 2017 akan dilaksanakan hari ini, Jumat (19/5/2017), mulai pukul 19:05 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here