Notifikasi di komputer terinfeksi Ransomware Wannacry
Notifikasi di komputer yang terinfeksi Ransomware Wannacry

HargaTop.com – Serangan ransomware WannaCry menjadi topik hangat di awal pekan ini. Sehubungan dengan kabar yang beredar, Kepala Instalasi Teknologi Informasi Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita M Ilhamy menyatakan bahwa sistem IT di rumah sakit tersebut tidak terinfeksi serangan ransomware WannaCry dan dalam kondisi aman.

“Sehubungan dengan pemberitaan tentang sistem rumah sakit yang terkena siber malware, khususnya ransomware jenis WannaCry, kami sampaikan bahwa hal tersebut tidak benar adanya,” tegas Ilhamy lewat keterangan tertulis, Senin (15/5/2017), seperti dilansir tim HargaTop via Kompas.

“Masyarakat tidak perlu khawatir terhadap pelayanan di RSAB Harapan Kita karena sampai berita pers ini diturunkan, pelayanan masih berjalan seperti biasanya dan tak terganggu sedikit pun oleh hal tersebut,” tegasnya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, ransomware WannaCry merupakan jenis malware yang mengakibatkan pengguna tidak dapat mengakses data di komputernya sendiri. Di Indonesia, wabah WannaCry dikabarkan pertamakali menginfeksi sistem komputer RS Dharmais pada hari Jumat (12/5/2017) silam.

Namun pihak RS Dharmais hari ini telah memastikan bahwa sistem IT di rumah sakit tersebut telah kembali lancar. “Sistem IT kami sudah lancar semua,” ujar Chairuddin selaku Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) RS Dharmais, di Jakarta Barat, Senin (15/5/2017).

Namun Chairuddin mengaku belum dapat memberikan informasi terkait kronologi terinfeksinya sistem komputer rumah sakit tersebut. Demikian pula belum dijelaskan bagaimana proses yang dilakukan hingga dapat terlepas dari serangan program jahat yang tersebut.

“Pihak kami sedang mengadakan rapat koordinasi. Jadi kami akan jelaskan lebih rinci terkait hal ini setelah rapat koordinasi nanti,” tegasnya. Dengan pulihnya sistem IT di RS Dharmais, Chairuddin pun mengimbau agar para pasien tidak panik.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here