Empat stasiun televisi MNC GRUP
Empat stasiun televisi MNC GRUP (Sumber KPI.go.id)

Hargatop.com – Empat televisi yakni RCTI, MNCTV, Global TV dam iNews TV baru-baru ini dikabarkan kena teguran dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Lembaga yang menyoroti soal siaran di Indonesia tersebut memberikan surat teguran tertulis kepada grup MNC yang membawahi keempat stasiun televisi itu.

KPI mengingatkan bahwa MNC Grup telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 & SPS). Hal ini disebabkan mereka telah melakukan Siaran Iklan Partai Perindo dimana seharusnya program siaran wajib untuk dimanfaatkan demi kepentingan publik dan tidak untuk kepentingan kelompok tertentu.

“KPI menilai, penayangan Iklan Partai Perindo merupakan pelanggaran atas perlindungan kepentingan publik”, ujar Hardly Stefano, Komisioner KPI Pusat Koordinator bidang pengawasan isi siaran .

Dengan adanya surat teguran ini, KPI meminta supaya tidak terjadi pelanggaran lagi. Artinya menghentikan siaran iklan Partai Perindo di keempat media televisi milik Hary Tanoesoedibjo tersebut.

“Jika masih terjadi pengulangan pelanggaran, KPI telah siap dengan langkah selanjutnya termasuk memberikan rekomendasi pencabutan izin penyelenggaraan penyiaran kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika, setelah melewati tahapan penjatuhan sanksi yang diatur dalam P3 & SPS,” ujar Hardly.

Sebelumnya teguran yang sama telah dilayangkan kepada keempat stasiun televisi ini pada bulan Oktober 2016. KPI menilai empat televisi ini telah menayangkan iklan partai Perindo dengan instesitas yang tidak wajar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here