Fitur WhatsApp Status

HargaTop.com – Layanan pesan instan WhatsApp menggulirkan fitur ‘Status Video’ baru untuk semua pengguna, baik di perangkat Android maupun iOS. Kini pengguna tidak hanya bisa menjelaskan statusnya lewat tulisan, namun juga dapat menggunakan foto, teks, emoji, goresan jari (sketsa), atau video untuk menginformasikan apa yang tengah dilakukannya, mirip dengan fitur Instagram dan Snapchat Stories.

“Kami bersemangat mengumumkan dalam rangka ulang tahun WhatsApp ke-8 pada 24 Februari, kami menciptakan ulang fitur status. Mulai hari ini, kami akan menggulirkan update (fitur) status, yang memungkinkan anda untuk berbagi foto dan video bersama teman anda dan kontak di WhatsApp dengan cara yang mudah dan aman. Ya, bahkan update status anda terenkripsi end-to-end,” tulis Jan Koum seperti dilansir tim HargaTop via situs WhatsApp (23/2/2017).

Fitur WhatsApp Status terbaru ini memungkinkan pengguna WhatsApp untuk mengirimkan klip singkat untuk teman-temannya, baik berupa foto, video, atau GIF, yang dapat dikustomisasi dengan menambahkan emoji dan teks dengan beragam variasi warna. Seperti Instagram dan Snapchat, pengguna dapat mengirimkan berbagai update, yang akan diputar secara bergantian, menginformasikan tentang apa yang dialaminya sepanjang hari.

Pengguna WhatsApp dapat memilih untuk mengirimkan Status video tersebut ke seluruh daftar kontaknya, atau hanya untuk beberapa teman dekat. Update status tersebut akan lenyap dalam waktu 24 jam. Salah satu penekanan WhatsApp adalah Status tersebut terenkripsi sepenuhnya end-to-end.

Fitur Status video baru dari WhatsApp akan tampil ketika pengguna membuka WhatsApp, terpisah dari percakapan yang ada, dalam tab Status yang baru setelah pengguna menginstal update aplikasi WhatsApptersebut via App Store atau Google Play Store.

Berikut cara menggunakan fitur WhatsApp Status :

  • Pertama, pengguna harus menuju tab Status, yang berada di antara tab Chat dan Calls, kemudian mengetuk ikon status.
  • Kedua, pengguna dapat mengunggah foto, video pendek, atau GIF lewat tab ikon kamera. Aplikasi WhatsApp akan langsung mengaktifkan kamera untuk membidik foto atau merekam video dengan batas durasi 45 menit. Pengguna juga dapat memilih foto, video klip, atau GIF yang telah terseimpan di galeri smartphone.
  • Ketiga, pengguna dapat menghias konten dengan menuliskan pesan singkat, membubuhkan sketsa, atau menempel stiker.
  • Terakhir, pengguna dapat memilih untuk membagikan konten status tersebut pada orang tertentu saja atau untuk semua kontak. Jika ingin mengirimkan update status hanya untuk orang-orang tertentu, pengguna dapat mengetuk tombol menu di layar status, lalu memilih ‘Privasi Status’.

Dalam tab ‘Privasi Status’, pengguna akan diberikan tiga pilihan yakni :
My Contacts : jika memilih seluruh kontak dapat melihat Status.
My Contacts Except… : untuk memilih beberapa orang yang tidak boleh melihat Status tersebut. Sementara kontak lainnya diperbolehkan untuk melihatnya.
Only Share With… : hanya kontak terpilih yang dapat melihat Status pengguna.

Pengguna juga dapat mengetahui siapa saja yang telah melihat Status-nya melalui tab di bawah layar yang memperlihatkan jumlah orang yang telah melihatnya. Pengguna dapat mengusap tab tersebut ke arah atas layar guna melihat daftar nama kontak yang telah menyaksikan Status tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here