Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

HargaTop.com – Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pagi ini, Kamis (1/12/2016), siap diserahkan ke Kejaksaan pasca berkas perkara-nya dinyatakan lengkap (P 21) oleh Kejaksaan Agung. Ahok tiba di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, sekitar pukul 10.25 WIB untuk selanjutnya diantar ke Kejaksaan Agung (Kejagung).

Sebelum Ahok, Ketua Tim Pemenangan pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, Prasetio Edi Marsudi, telah terlebih dahulu tiba di Mabes Polri sekitar pukul 08.18 WIB. Kemudian pengacara Ahok, Sirra Prayuna pun tiba di lokasi sekitar pukul 08.30 WIB.

Setelah pelimpahan barang bukti dan tersangka, maka kini kewenangan penuh penanganan kasus yang melibatkan Ahok berada di tangan Kejaksaan. Untuk itu, Sirra meminta agar Kejagung diberikan kesempatan untuk bekerja secara independen.

“Hukum tidak boleh diintervensi pihak manapun dan kita harus hormati proses hukum itu,” tegas Sirra di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (1/12/2016), seperti dilansir tim HargaTop via Kompas.

Baca juga : Berita Kasus Ahok Hari Ini : Berkas Telah P21, Sidang Ahok Siap Digelar Di Pengadilan Negeri Jakarta Utara

Selanjutnya, kasus Ahok akan dibawa ke pengadilan untuk menjalani sidang. Sidang Ahok kemungkinan akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Namun hingga saat ini belum ada informasi dari pihak Kejaksaan terkait kemungkinan penahanan Ahok.

“Harapan saya, jangan proses hukum itu karena ada tekanan dari pihak manapun,” kata Sirra.

Setelah berada di Mabes Polri sekitar 10 hingga 15 menit, Ahok dan rombongan kemudian menuju ke Kejaksaan Agung. Mengenakan batik bernuansa krem kekuningan, Ahok tidak melontarkan sepatah kata pun, baik saat tiba maupun keluar dari Mabes Polri.

Ahok dinyatakan sebagai tersangka penistaan agama dan dijerat Pasal 156 huruf a KUHP terkait pernyataannya di Kepulauan Seribu yang menyinggung Surat Al Maidah ayat 51.

LEAVE A REPLY