Setya Novanto
Setya Novanto, Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) periode 2014-2019

HargaTop.com – Berita Hari Ini : Setya Novanto Resmi Jadi Ketua DPR, Ade Komarudin Absen. Setya Novanto resmi kembali menjabat sebagai Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menggantikan Ade Komarudin. Proses pergantian Ketua DPR RI tersebut berlangsung melalui rapat paripurna yang digelar hari ini, Rabu (30/11/2016), di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat.

Rapat paripurna dengan agenda pergantian Pimpinan DPR tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang didampingi pimpinan lainnya, yakni Agus Hermanto, Fahri Hamzah, dan Taufik Kurniawan. Ade Komarudin sendiri tidak menghadiri rapat paripurna tersebut.

Setelah rapat dibuka, Pimpinan DPR bertanya kepada tiap fraksi terkait pergantian ketua DPR tersebut. Seluruh fraksi menyatakan setuju dengan berbagai pesan. Diantaranya adalah catatan dari fraksi PDIP sehubungan aturan formasi pimpinan dewan yang diatur dalam UU MD3.

“Sepenuhnya kami serahkan pada internal partai Golkar yang sudah diatur dalam peraturan MD3. Namun kami inginkan kami sampaikan dalam paripurna untuk segera diadakan perubahan MD3 untuk kita susun dan bisa kita putuskan sebelum Pileg,” ujar anggota Fraksi PDIP Arya Bima.

“Sehingga kita bisa persiapkan diri sebagai partai. Mohon maaf tidak seperti pada periode ini, pemilihan pimpinan dibuat setelah pemilu berlangsung. Kami berharap pimpinan menginisiasi membuat aturan dalam formasi pimpinan. Dan kalau masih dimungkinkan, selaku fraksi yang anggota paling banyak, kalau masih dimungkinkan mendapat porsi pimpinan DPR,” tutur Arya disambut tepuk tangan anggota lainnya.

Setelah setiap fraksi mengutarakan pendapatnya, Fadli Zon pun bertanya untuk memastikan. “Apakah pergantian ketua DPR dari Ade Komarudin ke Setya Novanto dapat disetujui?” tanya Fadli.

“Setuju!” jawab para anggota.

Dengan persetujuan tersebut, prosesi pelantikan pun dimulai. Setya Novanto maju ke depan ruang paripurna dan surat keputusan dibacakan.

SHARE

LEAVE A REPLY