OS X Yosemite dan iOS 8.1 via Handoff

OS X Yosemite dan iOS 8.1 via Handoff

News.Hargatop.com – Akhir-akhir ini, fokus dari peningkatan berbagai sistem operasi sepertinya adalah mempermudah komunikasi antar perangkat. Setelah Google memperkenalkan OS Android 5.0 Lollipop yang dapat digunakan di berbagai perangkat dengan variasi ukuran layar, kini giliran Apple mengumumkan kehadiran OS X Yosemite. Lewat fitur kunci bernama Handoff, baik perangkat mobile iOS 8.1 maupun Mac OS X Yosemite dengan mudah dapat ‘berkomunikasi’.

Handoff adalah fitur unggulan baik di iOS 8.1 maupun OS X 10.10 Yosemite. Sebagai bagian dari perluasan pendekatan untuk menyediakan kontinuitas dari perangkat Apple, Handoff akan memungkinkan pengguna melakukan banyak hal seperti memulai menulis email di perangkat iOS, lalu beralih ke Mac dan meneruskan penulisan email tersebut hanya dengan beberapa klik, demikian laporan yang dilansir dari CNet (17/10/2014).

Untuk dapat menggunakan fitur Handoff, caranya pengguna setidaknya harus memiliki MacBook Air, MacBook Pro, iMac, atau Mac mini produksi tahun 2012 atau diatasnya, termasuk MacPro 2013. Sementara untuk perangkat mobile, baik iPhone, iPad maupun iPod Touch, harus menggunakan sistem operasi iOS 8.1. Kedua perangkat yang hendak ‘berkomunikasi’ kira-kira berjarak 33 feet atau 10 meter.

Baca juga: Apple Umumkan iPad Air 2, Mini 3, Mac Mini, iMac, & Apple Pay, Harganya?

Selanjutnya, perangkat yang ingin menggunakan fitur Handoff masing-masing harus masuk (sign in) ke iCloud dengan Apple ID yang sama. Pengguna juga harus mengaktifkan Bluetooth di perangkat yang ingin berkomunikasi via Handoff.

Di desktop Mac yang telah diupgrade ke Yosemite, Handoff seharusnya langsung aktif dengan sendirinya. Namun untuk memastikan, pengguna dapat menuju Launch System Preferences di folder aplikasi, klik General, menuju bagian bawah panel dan centang kotak berjudul “Allow Handoff between this Mac and your iCloud devices.”

Baca juga: Jelang Peluncuran, Detail iPad Air 2 Dan iPad Mini 3 Terungkap

Sedangkan di perangkat iOS, pengguna dapat mengaktifkan Handoff melalui Settings > General > Handoff & Suggested Apps lalu mengaktifkan Handoff. Setelah mengaktifkan fitur Handoff, maka perangkat Apple yang menggunakan akun iCloud yang sama akan terkoneksi ke jaringan Wi-Fi yang sama sehingga dengan mudah pengguna dapat berganti-ganti, dari Mac ke iOS, iOS ke Mac, antar desktop Mac atau antar perangkat iOS.

OS X Yosemite dapat diunduh secara gratis melalui Mac App Store dan dapat diinstal ke seluruh komputer Mac produksi tahun 2009 atau diatasnya, serta beberapa model tahun 2007 dan 2008. Sementara iOS 8.1 akan diluncurkan pada hari Senin, sebagai versi baru dengan serangkaian perbaikan dari versi sebelumnya, iOS 8.0.1.

Baca juga: Ini Harga iPhone 4 8Gb, 16Gb, 32Gb, Second dan Baru 16 Oktober 2014

SHARE

LEAVE A REPLY