Android 5.0 Lollipop

Android 5.0 Lollipop

News.Hargatop.com – Google, melalui blognya per hari Rabu, 15 Oktober 2014, secara resmi memperkenalkan sistem operasi mobile versi terbaru, Android 5.0 Lollipop. Menurut Google, Lollipop adalah Android yang paling besar dan paling ambisius yang dirilis perusahaan dengan menghadirkan lebih dari 5000 APIs baru untuk developer.

“Android 5.0 Lollipop┬ádirancang sebagai sistem operasi yang fleksibel, untuk bekerja di seluruh perangkat milik anda dan dapat dikustomisasi sesuai kenyamanan anda. Dan seperti kebiasaan Android, ini (Lollipop) dirancang untuk dapat berbagi,” demikian penjelasan Google melalui blog resminya.

Salah satu hal baru yang diperkenalkan melalui Android 5.0 Lollipop adalah kehadiran Material Design, yakni rancangan antar muka yang konsisten di segala perangkat. Selain itu, Lollipop juga menghadirkan cara baru untuk mengontrol notifikasi yang diinginkan, sehingga aktifitas pengguna tidak terganggu dengan berbagai notifikasi yang tidak penting. Pengguna juga dapat merespons dan melihat pesan langsung dari layar yang terkunci, serta dapat menyembunyikan konten sensitif dari notifikasi tersebut.

Baca juga: Google Ungkap Nexus 9 & Nexus 6, Perangkat Pertama Android 5.0 Lollipop

Peningkatan juga hadir di sisi baterai. Di Android Lollipop hadir fitur baterai saver yang dapat memperpanjang ‘umur baterai’ hingga 90 menit. Dalam hal konektivitas, penerus Android KitKat ini┬ájuga menghadirkan koneksi internet yang lebih baik dengan kemampuan Bluetooth rendah daya yang semakin powerful.

Sedangkan di sisi keamanan, OS versi terbaru ini menghadirkan enkripsi yang aktif secara otomatis untuk mencegah data hilang atau dicuri. Android Smart Lock juga hadir untuk mengamankan ponsel atau tablet serta dapat memasangkannya dengan perangkat lain seperti smartwatch dan sebagainya.

Baca juga: Hp Android Lollipop Nexus 6 Hadirkan Fitur Isi Ulang Baterai Super Cepat

Masih banyak peningkatan yang hadir di Android 5.0 Lollipop, termasuk penambahan 15 bahasa baru yang menjadikannya hadir dalam lebih dari 68 bahasa. Saat ini kecanggihan Lollipop baru dapat ‘dicicipi’ melalui dua gadget terbaru Google yakni smartphone big screen Nexus 6 (Motorola Shamu) dan tablet Nexus 9 (HTC Volantis).

LEAVE A REPLY