Samsung Galaxy Note Edge

Samsung Galaxy Note Edge

News.Hargatop.com – Samsung Electronics Co., produsen smartphone terbesar di dunia, tengah menghadapi kuartal terberat di tahun ini. Penyebabnya adalah persaingan ketat yang harus dihadapi Samsung melawan Apple dan Xiaomi. Para analis-pun memotong perkiraan laba dari perusahaan asal Korea Selatan tersebut, demikian dilaporkan Business Week (5/10/2014). (Baca : Penjualan Apple iPhone 6 dan iPhone 6 Plus Capai 20 Juta Unit)

Rata-rata para analis melakukan pemotongan estimasi laba Samsung setiap hari di empat minggu terakhir. Diduga kuat yang menjadi penyebab ‘merahnya’ rapor Samsung di kuartal ketiga tahun ini adalah diluncurkannya smartphone terbaru Apple iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dengan layar big screen (4,7 inci dan 5,5 inci) sehingga langsung bersaing face-to-face dengan rangkaian Samsung Galaxy Note. (Baca : Luncurkan Galaxy Note 4, Samsung: iPhone 6 Plus Hanya Meniru)

Selain itu, ekspansi yang dilakukan Xiaomi ke berbagai negara khususnya di pasar Asia dengan menghadirkan smartphone premium yang dibanderol harga murah cukup mempengaruhi penjualan produk-produk Samsung. Antara lain terlihat pada penjualan online Xiaomi Redmi 1S di Indonesia yang mendapat sambutan cukup meriah. (Baca : Lagi, Hanya Dalam Hitungan Menit 15 Ribu Xiaomi Redmi 1S Ludes Terjual)

Menurut perkiraan rata-rata dari sejumlah analis, laba operasional kuartal ketiga Samsung akan merosot 47 persen, sedangkan penjualannya akan turun 15 persen, penurunan terbesar sejak tahun 2009. Untuk memperbaiki ‘rapor merah’ kuartal ketiganya, Samsung sengaja merilis Galaxy Note 4 lebih awal, yakni di akhir September 2014.

Saat memperkenalkan Note 4 di IFA Berlin, perusahaan sebenarnya menjadwalkan phablet terbarunya akan dirilis bulan Oktober 2014. Sementara Apple yang memperkenalkan iPhone 6 dan iPhone 6 Plus pada 9 September segera memasarkannya tanggal 19 September di sejumlah pasar gadget.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan Samsung untuk memperbaiki kinerjanya adalah berinovasi menciptakan teknologi baru yang sulit ditiru oleh pesaingnya, seperti yang dilakukannya melalui kehadiran layar lengkung di Samsung Galaxy Note Edge, demikian menurut penilaian analis Song Myung Sup dari HI Investmen & Securities Co. “Perusahaan harusnya menghadirkan Galaxy S6 dengan layar fleksibel,” tutur Song. (Baca : Samsung Galaxy S6 Akan Jadi Pesaing Tangguh iPhone 6)

LEAVE A REPLY