Beda Samsung Galaxy V vs Sony Xperia E1
Perbandingan Spesifikasi Beda Samsung Galaxy V vs Sony Xperia E1, Hp Harga Rp 1 Jutaan OS KitKat
Beda Samsung Galaxy V vs Sony Xperia E1
Perbandingan Spesifikasi Beda Samsung Galaxy V vs Sony Xperia E1, Hp Harga Rp 1 Jutaan OS KitKat

News.Hargatop.com – Samsung baru menghadirkan Galaxy V di Indonesia pada harga sekitar Rp 1.2 jutaan di awal September 2014. Sedangkan Sony Xperia E1 sudah cukup lama ada dipasaran tanah air dengan harga jual sekitar Rp 1.3 juta. Selain persamaan dimana sama-sama menggunakan sistem operasi android KitKat, antara Samsung Galaxy V dan Sony Xperia E1 mempunyai perbedaan spesifikasi selain harga. (Baca: Hadir September 2014, Harga Samsung Galaxy V Di Indonesia Rp 1,2 jutaan).

Seperti diketahui, baik Samsung maupun Sony adalah dua nama brand besar dibidang elektronik kelas dunia. Samsung dari Korea Selatan sedangkan Sony dari Jepang. Kedua saat ini cukup menguasai pasar gadget tanah air khususnya smartphone.

Dari sisi layar, kedua smartphone android KitKat harga murah ini sama-sama berukuran 4 inci. Yang berbeda sedikit hanya resolusinya saja. Samsung Galaxy V memiliki resolusi FWVGA 854×480 pixel dengan antar muka TouchWiz Essence UI. Sedangkan Sony Xperia E1 hadir dengan resolusi 800×480 piksel.

Pada bagian dapur pacu sebenarnya Sony Xperia E1 masih sedikit unggul karena Samsung Galaxy V hanya menggunakan prosesor Single Core 1,2GHz chipset Spreadtrum SC6815 dengan prosesor ARM Cortex-A7. Sedangkan Sony Xperia E1 dibekali prosesor dual Core Qualcomm Snapdragon 200 kecepatan 1.2Ghz. Tentu saja penggunaan dua inti dan satu inti cukup berbeda dalam menjalankan aplikasi sistem smartphone yang ada. (Baca juga: Beda Harga & Spek Samsung Galaxy Core 2 vs Xiaomi Redmi 1S).

Untuk mendukung performa masing-masing smartphone android harga murah ini, Samsung Galaxy V dibekali RAM 512MB dengan kartu grafis Mali-400. Sedangkan Sony Xperia E1 disematkan kartu grafis Adreno 302 dan memori RAM 512MB juga. Tidak ada berbeda dari sisi kapasitas RAM Galaxy V dan Xperia E1.

Sekedar info, walaupun harganya murah, sistem operasi android KitKat yang digunakan pada Samsung Galaxy V dan Sony Xperia E1 justru bisa membuat berbagai aplikasi sistem yang ada berjalan dengan baik. Pasalnya Kitkat diklaim mampu menjalankan memori RAM sistem android menjadi irit. Jadi memori RAM tidak perlu bekerja lebih keras. Dan perlu diketahui awalnya, Sony Xperia E1 masih menggunakan os android Jelly Bean yang bisa diupgrade ke OS KitKat.

Disisi memori yang lain, Sony Xperia E1 dibekali internal memori 4GB sama seperti yang ada pada Samsung Galaxy V. Demikian juga slot untuk microSD bisa dimanfaatkan sebagai eksternal memori dengan kapasitas maksimum 32Gb.

Harga murah tidak berarti murahan, demikian juga pada Sony Xperia E1 dibekali kamera 3MP yang menurut situs resmi Sony Mobile, kamera ini mampu merekam video kualitas HD (720p). Sayangnya Sony Xperia E1 tidak ada kamera depan sehingga tidak bisa foto selfie. Sedangkan Samsung Galaxy V dibekali kamera 3MP lengkap dengan LED flash yang mampu merekam video VGA @24fps. Dilihat dari kemampuan merekam video, Sony Xperia E1 lebih unggul dari Samsung Galaxy V, karena mampu merekam kualitas HD.

Selain itu, sering disebutkan bahwa Samsung Galaxy V di ada kamera depan sama seperti Sony Xperia E1. Namun dari salah satu halaman berita News.Hargatop.com (13/9/2014), dbagian komentar paling bawah, banyak pengunjung yang sudah membeli Samsung Galaxy V mengatakan bahwa ponsel harga murah ini sudah memiliki kamera depan. Jika benar demikian, maka ini adalah kelebihan Samsung Galaxy V terhadap Sony Xperia E1. (Baca: Hadir September 2014, Harga Samsung Galaxy V Di Indonesia Rp 1,2 jutaan).

Dibagian baterai,  Samsung Galaxy V harus mengaku kalah dari Sony Xperia E1 karena kapasitas baterainya lebih besar yaitu 1750mAh sedangkan Samsung V hanya 1.500 mAh.

Untuk harga, seperti sudah disebutkan diatas, harga Samsung Galaxy V dijual sekitar Rp 1.2 jutaan dan harga Sony Xperia E1 sekitar Rp 1.3 jutaan. Perlu diketahui harga Sony Xperia E1 ini adalah harga yang sudah diturunkan karena sudah cukup lama beredar dipasaran.

Salah satu kelebihan Samsung Galaxy V adalah smartphone ini masih baru saja diluncurkan di Indonesia.

Kesimpulannya, Walaupun sudah cukup lama beredar Sony Xperia E1 memiliki spesifikasi mumpuni yang bisa menjadi lawan tangguh Samsung Galaxy V yang baru diluncurkan. Apalagi harga Xperia E1 dan Galaxy V hanya selisih sedikit.

Ingin lihat berita perbandingan dan perbedaan smartphone lainnya, silahkan ke Compare Hp by News.Hargatop.com atau di Hargatop.com Spesifikasi Samsung Galaxy V.

LEAVE A REPLY