Data Gmail

 

Data Gmail

News.Hargatop.com – Berkas yang memuat daftar sekitar 5 juta alamat Gmail beserta password diposting secara online di sebuah forum keamanan Russian Bitcoin pada hari Selasa waktu setempat. Terkait hal tersebut, Google secara resmi menjelaskan bahwa tersiarnya arsip tersebut bukan berasal dari pelanggaran sistem Google, namun dari kombinasi berbagai sumber.

Pengguna yang memposting daftar tersebut dengan nama samaran “tvskit” mengklaim bahwa lebih dari 60 persen dari daftar tersebut adalah valid. Namun Google menjelaskan bahwa hanya kurang dari 2% data kombinasi username dan password yang kemungkinan masih bekerja, namun sistem anti pembajakan dari perusahaan secara otomatis telah memblokir siapapun yang ingin melakukan login, demikian dikutip dari 9to5 Google (10/9/2014).

Selain penjelasan terkait bocornya data username dan password pengguna Gmail, Google juga mengingatkan kepada pengguna pentingnya memproteksi data pribadi termasuk menggunakan login yang berbeda di setiap website, memperbaharui opsi pemulihan Akun dan memastikan untuk memilih password unik yang dalam level ‘kuat’.

Google juga menjelaskan bahwa perusahaan secara terus menerus berusaha menjaga keamanan akun pengguna dari gangguan malware ataupun spam. Misalkan jika terlihat ada aktivitas akun yang diluar kebiasaannya, maka perusahaan akan menghentikan usaha untuk sign-in dari lokasi dan perangkat yang tidak dikenal.

“Keamanan pengguna adalah sangat penting bagi kami,” tutur jurubicara Google via email seperti yang dilansir dari PC World (10/9/2014). “Kami tidak memiliki bukti bahwa sistem kami telah diretas, tapi setiap kali kami menyadari telah terjadi gangguan akun, kami mengambil langkah-langkah untuk membantu pengguna mengamankan akun mereka.”

Baca juga berita terkait:

SHARE

LEAVE A REPLY