Tes CPNS 2014

Jakarta, News.Hargatop.com – Info Pendaftaran Online CPNS 2014, dengan ditutupnya pendaftaran online CPNS 2014 di beberapa instansi, maka langkah Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS 2014 adalah mempersiapkan pelaksanaan tes seleksi CPNS 2014. Seperti telah diberitakan sebelumnya, tes CPNS tahun ini menggunakan sistem komputerisasi yang dikenal dengan Computer Assisted Test (CAT).

Herman Suryatman selaku Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan bahwa infrastruktur untuk tes CAT CPNS 2014 sudah siap digunakan, demikian laporan yang dilansir dari situs setkab.go.id. “Laporan dari tim IT Panselnas, peralatan untuk CAT sudah siap digunakan,” ujar Herman.

Infrastruktur untuk tes CAT CPNS tahun 2014 disiapkan oleh banyak pihak. Fasilitas CAT pertama disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang terdiri dari 100 unit komputer (client), baik yang ada di kantor pusat BKN maupun 12 kantor regional BKN, demikian penjelasan Herman. Meski dipersiapkan oleh BKN, namun fasilitas tes CAT tersebut juga akan digunakan oleh instansi lainnya, seperti Badan Narkotika Nasional (BNN).

Herman menjelaskan pula bahwa fasilitas CAT juga menggunakan fasilitas bekas ujian komptensi guru (UKG) di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Menurut laporan Kemendikbud, fasilitas bekas UKG tersebut tersebar di 2.034 titik di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga berita terkait:

Sementara itu, beberapa kantor regional BKN yang telah mempersiapkan fasilitas tes CAT CPNS 2014 antara lain kantor regional di Banjarmasin, Palembang, Yogyakarta dan Surabaya. Fasilitas tersebut nantinya dapat digunakan untuk melakukan tes CPNS untuk intansi provinsi, kabupaten atau kota setempat atau sekitarnya.

Agar sukses menghadapi tes CAT CPNS 2014, beberapa waktu lalu Bima Haria Wibisana selaku Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan beberapa kiat khusus. Salah satunya, para peserta dianjurkan benar-benar mempelajari kisi-kisi soal Tes Kompetensi Dasar (TKD)CPNS. Selain itu, untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP), meski peserta tidak perlu belajar, namun dianjurkan berhati-hati karena tidak boleh mendapatkan nilai di bawah 70.

LEAVE A REPLY