Tes CPNS 2014

Tes CPNS 2014

Jakarta, News.Hargatop.com – Info Tes CPNS 2014. Tahun ini calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang sudah melakukan pendaftaran online CPNS 2014 dan lolos seleksi administrasi akan menghadapi tes CPNS dengan sistem computer assisted test (CAT). Bagi pelamar lowongan kerja sebagai CPNS di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kini dapat memilih tempat pelaksanaan tes masing-masing.

Menurut berita yang dilansir dari situs menpan.go.id, tempat pelaksanaan tes CPNS 2014 untuk Kementerian PANRB akan tersebar di 104 lokasi yang sebagian besar terdiri dari perguruan tinggi di 65 wilayah. “Mereka bisa memilih tempat tesnya dari 104 tempat yang tersebar di seluruh tanah air,” tutur Otok Kuswandaru selaku Kabiro SDM dan Umum Kementerian PANRB.

Dengan demikian, meskipun Kementerian PANRB merupakan salah satu instansi pemerintahan pusat yang berlokasi di Jakarta, namun pelamar loker CPNS dapat melakukan tes di berbagai wilayah di luar Jakarta. Untuk melakukannya, pihak Kementerian PANRB bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Di Jawa Timur misalnya, pelamar loker CPNS Kementerian PANRB dapat memilih lokasi tes CPNS yang tersebar di Universitas Airlanga, Istitut Teknologi 10 November Surabaya (ITS), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Politeknik Negeri Madura, Politeknik Negeri Madiun, dan Universitas Negeri Jember. Sementara untuk yang bertempat tinggal di Papua, dapat melakukan tes di Universitas Cenderawasih.

Baca juga berita terkait:

Langkah yang diambil Kementerian PANRB ini akan memberi manfaat besar bagi peserta tes CPNS 2014, antara lain menghemat biaya transportasi ke Jakarta. Namun Otok juga menjelaskan bahwa peserta akan menyatu dengan pelamar loker yang melakukan pendaftaran online CPNS 2014 di instansi lainnya. Namun hal ini disinyalir tidak menjadi masalah karena masing-masing peserta tes CPNS telah mencantumkan kode instansi yang dilamar.

Tahun 2014 ini Kementerian PANRB membuka lowongan kerja untuk 20 formasi CPNS untuk lulusan perguruan tinggi (D3, S1 dan S2) ditambah formasi khusus untuk 5 orang sarjana terbaik (cum laude), 1 orang putera Papua untuk protokol dan 1 orang disable untuk pranata komputer. Otok menjelaskan, dari lima orang sarjana S1 yang lulus dengan predikat cum laude, 4 orang diantaranya ditempatkan untuk analis kebijakan, sementara 1 orang lainnya yang bergelar S1 Ilmu Komunikasi untuk pranata humas.

Kabag SDM dan Organisasi Kementerian PANRB Ugi Cahyo Setiono mengatakan bahwa pendaftaran online CPNS 2014 untuk Kementerian PANRB akan dibuka dalam waktu dekat. “Rincian formasi dapat dilihat di website panselnas.menpan.go.id,” ujar Ugi.

Ikuti terus topik berita ini di Info CPNS 2014

LEAVE A REPLY