Google Drone Project Wing

News.Hargatop.com – Google secara diam-diam dalam dua tahun terakhir ini telah mengembangkan pesawat terbang otonom (tanpa awak) atau drone yang bertujuan untuk melayani pengiriman paket barang untuk bantuan bencana atau untuk perdagangan.┬áProgram yang diumumkan oleh Google pada hari Kamis tersebut diberinama Project Wing.

Project Wing berada di bawah Google X, fasilitas rahasia perusahaan yang telah menciptakan berbagai proyek seperti Google Glass atau mobil self-driving Google, demikian laporan yang dilansir dari PC World (28/8/2014).

Sebelumnya, pada bulan Desember 2013 teknologi pengiriman via pesawat tanpa awak ‘drone’ juga telah dicoba oleh Amazon untuk pengiriman barang pesanan konsumen dari toko onlinenya. Demikian juga Domino’s Pizza di tahun 2013 pernah mencoba pengiriman melalui drone.

Google menjelaskan bahwa prototipe drone bersayap tunggal lebar 5 kaki dari jajaran Project Wing ini telah berhasil diujicobakan mengirim berbagai barang termasuk permen, makanan anjing, vaksin ternak, air dan radio kepada dua petani di Queensland, Australia. Paket barang tersebut disisipkan di tengah sayap drone. Pesawat tanpa awak versi Google ini memiliki ketinggian 2,5 meter dan dilengkapi 4 baling-baling.

Pada akhirnya, Google kemungkinan menggunakan drone untuk mengirim barang eceran ke rumah konsumen, demikian penjelasan jurubicara Google. Perusahaan mesin pencari raksasa tersebut tengah berupaya mengembangkan layanan Google Shopping Express yang saat ini melakukan pengantaran dengan mobil.

Dalam penjelasannya di brosur Project Wing, Google menyatakan, “Pesawat tanpa awak dapat membuka pendekatan yang baru untuk memindahkan (mengirim) barang, termasuk pilihan yang lebih murah, lebih cepat, lebih efisien dan lebih peka terhadap lingkungan dari apa yang telah ada saat ini.”

Baca juga berita terkait:

LEAVE A REPLY