Ice Bucket Challenge Karyawan Facebook
Sheryl Sandberg bersiap melakukan Ice Bucket Challenge. Gambar: allfacebook.com
Ice Bucket Challenge Karyawan Facebook
Sheryl Sandberg bersiap melakukan Ice Bucket Challenge. Gambar: allfacebook.com

Jakarta – Demam tantangan Ice Bucket Challenge atau IBC sedang jadi trending diseluruh dunia. Dimulai dari Amerika Serikat, Eropa, dan bahkan sekarang Ice Bucket Challenge sudah masuk Asia.

Pantauan News.HargaTop.com di situs Wikipedia.org, Jumat (22/8/2014), Ice Bucket Challenge sebenarnya adalah sebuah tantangan kepada seseorang untuk disiram dengan seember air es mulai dari bagian kepala. Tujuan awalnya adalah untuk membantu mereka yang menderita ALS (Amyotrophic lateral sclerosis), yakni penyakit saraf yang menyerang neuron yang mengendalikan otot lurik.

Ice Bucket Challenge menyebar dengan sangat cepat melalui sosial media. Tantangan IBC bahkan diikuti oleh banyak tokoh-tokoh ternama sebut saja dari dunia teknologi ada Bill Gates, Mark Zuckerberg, Tim Cook, Elon Musk, Sheryl Sandberg.

Selain tokoh teknologi ini masih ada dari kalangan pesepakbola dunia yang ikut berpartisipasi mengikuti tantangan Ice Bucket Challenge seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Neymar, Dani Alves, sampai pelatih Chelsea, Jose Mourinho.

Dikutip dari Detik yang melansir dari LA Times, Ice Bucket Challenge kembali ‘trending‘ diawali oleh Pete Frates, mantan pemain baseball di Boston College yang mengetahui dirinya menderita ALS (Amyotrophic lateral sclerosis) di usia 29 tahun.

Beberapa rekan Frates mencoba membantu mengumpulkan uang dengan menantang orang yang mereka kenal untuk menuangkan seember air es di kepala, jika yang diberi tantangan menolak maka dia wajib mendonasikan uang pada yayasan yang memerangi penyakit ALS. Meski mereka yang menerima tantangan itu tetap bisa menyumbangkan uangnya.

Baca juga:

Setelah akhirnya Ice Bucket Challenge meluas ke banyak orang, ada beberapa versi aturan main dalam tantangan ini. Salah satunya, setelah menerima diguyur dengan seember air es, maka orang tersebut harus mendonasikan sebesar US$ 10 namun jika gagal memenuhinya maka dia harus mendonasikan US$ 100. Selanjutnya dia wajib menantang orang lain untuk mengikuti Ice Bucket Challenge (IBC), dan itu harus dipenuhi dalam waktu 1 x 24 jam.

Di Asia sendiri tantangan Ice Bucket Challenge datang juga kepada Andy Lau, Jay Chou, Donnie Yen, Zhang Ziyi, Wang Lee Hom, duo Mandopop bernama By2 dari Singapura, dan para personel band Mayday dari Taiwan. Banyak video yang imajinatif dan lucu yang diunggah mereka ke YouTube.

Tantangan Ice Bucket Challenge ‘IBC’ juga sudah masuk ke Indonesia yang diresponi oleh para orang terkenal yang saling menantang temannya. Sebut saja Bambang Pamungkas yang menerima tantangan dari Irfan Bachdim yang kemudian menulis di timeline Twitter sekaligus menantang presenter Panji Pragiwaksono, gitaris The Dance Company, Ibrahim Imran, dan penulis Raditya Dika untuk melakukan Ice Bucket Challenge.

“Done…. #ALS #IceBucketChallenge @pandji @baimGuitar @radityadika @IrfanBachdim10 http://telly.com/1N4096B,” tulis Bambang Pamungkas pada akun twitter @bepe20.

LEAVE A REPLY