Tes CPNS 2014

Tes CPNS 2014

Jakarta – Info Tes CPNS 2014: Setelah sukses melakukan pendaftaran online Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan lolos verifikasi, maka pelamar CPNS akan melanjutkan ke tahap selanjutnya, yakni mengikuti tes CPNS 2014. Tahun ini, tes CPNS dilakukan dengan sistem computer assisted test (CAT) dalam waktu 90 menit untuk 100 soal, atau berarti 54 detik per satu soal tes kompetensi dasar (TKD).

Untuk membantu peserta tes CPNS 2014, Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana membagikan kiat-kiat khusus agar peserta dapat lolos tes tersebut. Menurut penjelasan Bima seperti dilansir dari situs menpan.go.id (21/8/2014), peserta sebaiknya mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu sehingga sisa waktu yang ada bisa digunakan untuk mengisi soal lainnya.

Selain itu, peserta dianjurkan benar-benar mempelajari kisi-kisi soal tes kompetensi dasar CPNS 2014. Misalkan di bagian wawasan kebangsaan, peserta seleksi CPNS harus memahami tentang Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan amandemennya, NKRI, tata negara dan sebagainya. Bima menegaskan, “Sebagai seorang CPNS, wajib memahami sejarah kebangsaan kita karena nantinya kita akan mengurus negara.”

Sementara untuk tes intelegensia umum, peserta seleksi CPNS akan diuji tingkat intelegensinya yang terkait dengan verbal dan analisis sistematis. Lalu, ada tes karakteristik pribadi (TKP) untuk menguji kemampuan peserta dalam beradaptasi dan berprestasi. Meski di bagian TKP peserta tidak perlu belajar, namun harus berhati-hati karena nilainya tidak boleh di bawah 70 karena akan dinilai tidak memiliki karakteristik yang memadai untuk menjadi pegawai negeri sipil.

Baca juga:

Tes Kemampuan Dasar CPNS 2014 akan terdiri dari 100 soal yang terbagi atas 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), 30 soal Tes Intelegensia Umum (TIU) dan 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Agar lolos TKD CPNS 2014, peserta harus berhasil menjawab 60% sial TIU dengan benar, 50% soal TWK dan 40% soal TKP. “Kalau kurang dari passing grade, walaupun dua kelompok mendapat nilai tinggi, tetap tidak lulus,” demikian jelas Bima.

Setelah memenuhi passing grade dan dinyatakan lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) CPNS 2014, maka peserta berhak mengikuti Tes Kompetensi Bidang (TKB). Tidak semua instansi dan jurusan memerlukan tes TKB. Ada beberapa yang langsung menyatakan lulus ujian CPNS apabila berhasil melewati TKD.

Ikuti berita terbaru topik Info CPNS 2014.

LEAVE A REPLY