Jokowi Center dan Nama Menteri

Jakarta – Para relawan Jokowi-JK yang tergabung dalam Jokowi Center baru saja merilis nama-nama menteri ‘pemenang’ polling online Kabinet Alternatif Usulan Rakyat (KAUR) tahap pertama. Ternyata selama polling tersebut dilakukan, ada lima nama kepala daerah yang sering diusulkan dan dianggap layak menduduki salah satu pos kementerian.

Menurut Jokowi Center (16/8/2014), survei atau polling online untuk mengusulkan nama-nama menteri di Kabinet presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) tahap pertama berhasil menarik minat 109.075 partisipan. Setelah polling tahap pertama yang diadakan sejak 24 Juli hingga 10 Agustus 2014, maka akan dilaksanakan polling calon menteri KAUR tahap dua mulai 13 Agustus 2014.

Pada polling online KAUR tahap pertama, muncul beberapa kandidat menteri usulan rakyat yang saat ini sedang menjabat sebagai kepala daerah. Nama-nama tersebut terdiri dari Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Tri Rismaharini (Risma), Ridwan Kamil, Agustin Teras Narang, Herry Zudianto.

Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Dalam polling KAUR Jokowi tahap pertama, nama Ahok cukup sering diusulkan untuk menduduki posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) atau Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Ahok memperoleh 4270 (4%) di posisi Menpan RB, sementara untuk posisi Mendagri dirinya memperoleh 8080 (8%) suara.

Baca juga:

Tri Rismaharini, Walikota Surabaya ini berhasil meraih suara terbanyak dan dianggap layak menduduki jabatan sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB). Risma, demikian nama panggilannya, memperoleh 55278 (51%) suara dukungan melalui polling online KAUR tahap pertama.

Walikota Bandung Ridwan Kamil termasuk salah satu kandidat nama menteri usulan rakyat yang saat ini menjadi kepala daerah. Berdasarkan hasil survei KAUR tahap pertama, Ridwan dianggap cocok menduduki pos Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) dan meraup 40058 (37%) dukungan.

Selanjutnya muncul nama Agustin Teras Narang, Gubernur Kalimantan Tengah ke 12 yang diusulkan masyarakat menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Namun dengan hasil perolehan 16387 (15%) suara, Agustin Teras Narang hanya berhasil menduduki posisi ketiga terbanyak dimana posisi pertama diraih Abraham Samad dengan 43979 (40%) suara.

Terakhir, mantan Walikota Yogyakarta Herry Zudianto cukup dipercaya sebagian rakyat untuk menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Namun hasil akhir perolehan suara di pos Menpora menunjuk Anies Baswedan sebagai ‘pemenangnya’.

1 COMMENT

  1. Untuk Mewujudkan kesejahteraan rakyat melalui Rumah Tidak Layak Huni dalam lingkungan yang sehat, dibutuhkan Pemimpin visioner dan berdedikasi Tinggi serta berpengalaman dalam menangani Perumahan. Kami Mengusulkan Dr.Ir. Jamil Ansar, SH, MM Untuk Menjadi MENTRI PERUMAHAN RAKYAT Pada KABINET JOKOWI-JK 2015-2019.

LEAVE A REPLY