Diana Wynne Jones google doodle

Google Doodle hari ini tampil khusus dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke 80 Diana Wynne Jones, penulis novel fantasi anak-anak asal London yang meninggal dunia pada tanggal 26 Maret 2011 lalu di usia 76 tahun. Selama masa hidupnya, Jones telah menulis lebih dari 40 buku novel fantasi dan percaya bahwa buku-bukunya telah menjadi sumber inspirasi bagi penulis Harry Potter JK Rowling, demikian dilaporkan The Independent (16/8/2014).

Salah satu buku karya Jones yang terkenal adalah Howl’s Moving Castle (1986) yang kemudian diadaptasikan ke dalam film oleh Studio Ghibli tahun 2004. Di Inggris, Jones dijuluki sebagai salah satu pencipta buku fantasi anak-anak terbaik. Beberapa buku lain yang sukses diantaranya Archer’s Goon (1984) dan Fireand Hemlock (1985)

Sebagai penulis buku-buku fantasi, Jones cukup luas mengeksplorasi berbagai kata terkait dunia sihir. Buku Harry Potter seringkali dibandingkan dengan buku-buku karya Diana Wynne Jones. Bahkan dalam salah satu wawancara dengan The Guardian di tahun 2003, Jones percaya JK Rowling terinspirasi oleh buku-bukunya. “Saya pikir bahwa dia (Rowling) membaca buku saya di usia mudanya dan mengingat banyak hal; ada begitu banyak kesamaan,” tutur Jones.

Baca juga:

Diana Wynne Jones lahir pada 16 Agustus 1934 di London. Dirinya bertemu dengan pria yang kemudian menjadi suaminya, John A Burrow sebelum Jones belajar di University of Oxford. Pasangan yang menikah pada tahun 1956 ini dikaruniai tiga putra, Richard, Michael dan Colin.

SHARE

LEAVE A REPLY