aplikasi software simulasi cat tes cpns 2014

Jakarta – Info Pendaftaran & Penerimaan Online CPNS 2014: Seperti diberitakan sebelumnya bahwa pelaksaan tes CPNS 2014 akan menggunakan sistem komputer atau computer assisted test (CAT) dan akan dilaksanakan mulai tanggal (8/9/2014) sampai selesai, demikian dilaporkan laman situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Rabu (6/8/2014).

Simulasi CAT CPNS online sendiri sebenarnya akan diluncurkan bersamaan dengan sosialisasi seleksi CPNS 2014 di Istora Senayan, Jakarta, pada 12 Agustus 2014.

Namun dari pantaun News.HargaTop.com, Senin (11/8/2014), ternyata BKN (Badan Kepegawaian Negara) melalui situs resminya telah menyiapakn software aplikasi simulasi CAT Resmi Tes CPNS 2014 yang bisa diunduh gratis beserta Tutorial buku CAT BKN disertai teks yang berisis perintah pada layar monitor computer agar peserta tes dapat langsung memahami dan mempraktekannya.

Dalam uji coba yang kami lakukan, peserta CPNS 2014 akan menjawab soal-soal CPNS dalam bentuk demo. Jika sudah mengisi jawaban soal CPNS 2014, peserta simulasi bisa ‘klik’ tombol simpan dan lanjutkan. Atau bisa juga peserta belum mau menjawab dan melewatkan soal CPNS 2014 tersebut.

Dalam laman BKN tersebut juga dijelaskan apa itu Computer Assisted Test (CAT), apa keunggulan dan manfaat penggunaan CAT, dan lainnya yang penjelasannya kami lansir langsung dari BKN.go.id dan bisa anda lihat dibawah ini:

Dalam upaya mewujudkan tuntutan masyarakat dalam perekrutan PNS yang adil, sekaligus sebagai sarana untuk menghasilkan tenaga professional, BKN telah membangun sistem rekrutmen dan seleksi berbasis kompetensi secara komputerisasa yang disebut Computer Assisted Test (CAT). CAT terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD), Tes Kompetensi Kepegawaian (TKK).

CAT yang berada dibawah Direktorat Rekrutmen dan Kinerja Pegawai bertujuan :

  1. Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian.
  2. Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional
  3. Mewujudkan transparansi, obyektifitas, akuntabel, dan bebas korupsi kolusi dan nepotisme.

Keunggulan/Manfaat Penggunaan CAT :

  1. Peserta tes dapat mendaftarkan diri melalui internet.
  2. Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh.
  3. Keseluruhan materi soal tes komputerisasi dasar (tes pengetahuan umum,. Tes bakat skolastik dan tes skala kematangan) dan tes kompetensi kepegawaian (tes pengetahuan umum, tes substansi kepegawaian, dan tes skala kematangan) dapat diakses melalui computer.
  4. Penilaian dilakukan secara obyektif.
  5. Peserta ujian dapat segera mengetahui capaian nilai (skor) yang diperoleh setelah ujian selesai.

Sistem CAT memiliki karakteristik :

  1. Aplikasi dijalankan pada computer dengan Platform Windows berbasis WEB guna mempermudah pengembangan jangka panjang.
  2. Aplikasi menggunakan narasi untuk menjelaskan bahasan yang disajikan pada monitor computer.
  3. Aplikasi disertai video gerakan mouse, sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakannya.

Tutorial disertai teks yang berisis perintah pada layar monitor computer agar peserta tes dapat langsung memahami dan mempraktekannya.

Untuk unduh software CAT Tes CPNS 2014 Resmi Gratis dari BKN anda bisa mengunjungi BKN.go.id.

Selain itu, menurut laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Rabu (6/8/2014), jadwal pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 akan dibuka mulai tanggal 20 Agustus sampai 3 September 2014.

Baca juga:

4 COMMENTS

  1. Mudah mudahan di permudah nya pendaftaran secara online karena terkadang sulit sekali untuk membuka web nya

  2. jadi tes cpns tahun 2014 ini dpt di lakukan dirumah masing2 gitu? kalo iya bukannya malah bisa kerjasama nih dlm pengerjaannya

    • kalo gini gak akan ada main belakang lagi. ,, meski dirumah masing2 toh gak ada waktu buat contek2 koq.. jadi ga bakal curang.. secara kalo dah login waktu berjalan cepat..

LEAVE A REPLY