iPhone Deteksi Malaria

Sebuah tim bernama IanXen meluncurkan penggalangan dana untuk membantu penelitian dalam rangka memberantas penyakit malaria di Indonesia dengan menggunakan iPhone. Tim tersebut percaya bahwa deteksi dan pengobatan dini dapat membantu memberantas penyakit malaria di sebuah pulau dan kemudian membuka jalan untuk pemberantasan di wilayah yang lebih luas di Afrika, demikian dilaporkan 9to5 Mac (29/7/2014).

Peneliti telah menyiapkan IanXen Rapid kit yang terdiri dari iPhone dilengkapi mikroskop portabel, pena lancet dan slide darah. Untuk mendeteksi penyakit malaria, pengguna hanya perlu menaruh tetesan darah di slide darah dan kemudian menguji dengan mikroskop yang terpasang di iPhone melalui aplikasi iOS tertentu. Hasilnya akan tersedia hanya dalam waktu sekitar 5 detik.

Menurut penjelasan pihak peneliti, studi awal rencananya akan dilakukan di pulau Bangka, Indonesia. Target utamanya adalah memberantas penyakit malaria di seluruh pulau Bangka selama musimnya. Penggalangan dana sendiri lebih ditujukan untuk menutupi biaya logistik, diantaranya penyelenggaraan IanXen Rapid Kit di empat lokasi, membayar para pekerja, biaya perjalanan dan publikasi.

Penemuan ini diyakini dapat mempermudah mendiagnosa penyakit malaria, khususnya di daerah terpencil, tanpa harus membawa peralatan medikal yang berat. Di sisi harga, tentunya Rapid kit lebih murah dibandingkan peralatan medis konvensional. Selain itu, sifat portabel dari Rapid kit memungkinkan para pendukung dana untuk mulai menggunakannya untuk menguji penyakit malaria di negaranya.

Untuk membantu proyek ini, pendonor dapat menyumbangkan dana sebesar £5 (sekitar Rp 100 ribu) atau lebih. Selanjutnya, pendonor akan di-mention di feed Twitter proyek tersebut.

Baca juga:

LEAVE A REPLY