Bagi pengguna perangkat iOS seperti iPhone atau iPad, kini dapat membuat emoji spesial dengan menggunakan foto selfie melalui aplikasi Imoji. Aplikasi ini memungkinkan pengguna memilih foto dirinya sebagai sticker emoji baru untuk digunakan di aplikasi iMessage (hanya untuk iOS), demikian dilaporkan PC Magazine (27/7/2014). Tentunya sticker emoji yang dihasilkan akan bersifat lebih pribadi, lewat kehadiran foto selfie pengguna, dan sepertinya cocok untuk digunakan dalam SMS ucapan Lebaran Idul Fitri 2014 hari ini.

Melalui situs aplikasi ini dinyatakan bahwa “Imoji membuat pesan teks anda menjadi ‘lebih anda'”. Cara menggunakan aplikasi Imoji cukup sederhana. Pengguna hanya perlu membuat foto selfie atau mengupload foto yang dipilih dari tempat penyimpanan di iPhone atau iPad. Kemudian foto tersebut di potong (crop) dan di edit dan selanjutnya aplikasi Imoji akan mengubahnya menjadi sticker yang dapat dipakai di pesan teks, misalkan untuk mengirim sms lebaran ucapan selamat Idul Fitri 1435H.

Baca juga:

Untuk memperoleh hasil sticker emoji yang lebih sempurna, pengguna perlu memperhatikan saat mengedit foto selfie dalam proses membuat emoji. Kuncinya berada di proses crop (memotong), trim (menghaluskan) dan auto-bordering (membuat batasan otomatis). Selain itu, pengguna juga dapat memperbolehkan orang lain menggunakan hasil sticker emoji dengan foto selfienya dengan memilih ‘public‘ di pengaturan individual. Jika ingin membatasi penggunaannya untuk diri sendiri, pengguna harus memilih ‘private‘.

Dalam wawancara dengan Forbes, salah satu penemu Imoji – Tom Smith mengungkapkan pendapatnya bahwa emoji merupakan salah satu cara terbaik mengkomunikasikan emosi melalui sebuah pesan teks. Untuk meningkatkan kreatifitas dalam cara berkomunikasi melalui sms tersebut, maka terciptalah aplikasi Imoji. Aplikasi Imoji telah hadir secara gratis sejak 24 Juli lalu untuk pengguna perangkat iOS.

LEAVE A REPLY