Masih ingat kata drone yang sering diucapkan Presiden Indonesia terpilih Joko Widodo (Jokowi) dalam ajang depan capres-cawapres antara Jokowi-JK dan Prabowo-Hatta di pilpres 2014? Berita terbaru yang dilansir dari The Telegraph (24/7/2014) memberitahukan keberhasilan drone untuk menemukan seorang kakek penderita Alzheimer yang telah menghilang selama 3 hari.

Guillermo DeVenecia, kakek berusia 82 tahun yang menderita Alzheimer berhasil ditemukan oleh drone atau pesawat tanpa awak milik David Lesh dalam waktu 20 menit saja. Sebelumnya, pencarian dilakukan melalui anjing pelacak, helikopter dan para relawan yang mencarinya di pedesaan Fitchburg di Wisconsin. Namun pencarian tersebut tidak membuahkan hasil.

David Lesh, pemilik drone yang biasa menggunakannya untuk membuat video mengenai bisnis ski dan skateboard miliknya di Colorado memutuskan untuk membantu pencarian dengan drone. Hanya dalam kurun waktu sekitar 20 menit, Lesh berhasil menemukan DeVenecia sedang berdiri di tengah ladang.

Lesh yang sedang berada di Winconsin dalam rangka menemui keluarga kekasihnya mengatakan, “Saya tidak pernah menyangka akan menggunakannya (drone) untuk menemukan seseorang.” Kakek penderita Alzheimer yang menghilang tersebut tidak menyadari bahwa dirinya sedang dalam pencarian dan berpikir dirinya hanya sedang berjalan-jalan.

Melalui bantuan teknologi drone, DeVenecia berhasil ditemukan dalam kondisi selamat, meski sedikit menderita dehidrasi. Banyak pihak berharap kejadian ini dapat membawa perubahan terhadap batasan yang ditetapkan untuk penggunaan drone dalam operasi pencarian dan penyelamatan saat ini.

LEAVE A REPLY