Arus mudik Lebaran 2014 semakin memuncak mendekati hari raya Idul Fitri. Meski sedang menikmati libur Lebaran, kerapkali pebisnis tetap memerlukan jaringan Wi-Fi untuk memantau pergerakan bisnisnya. Meski hampir kebanyakan hotel menginformasikan kehadiran Wi-Fi gratis di hotelnya, namun tidak semua koneksi Wi-Fi tersebut hadir dengan kecepatan memadai. Bagi pemudik lebaran yang memilih untuk menginap di hotel, kini dapat mengecek kecepatan jaringan Wi-Fi hotel dengan mudah.

Menurut laporan Business Insider (25/7/2014), sebuah situs bernama Hotel WiFi Test telah hadir untuk membantu para pelancong atau pemudik untuk menghindari situasi tidak menyenangkan akibat lemot-nya jaringan Wi-Fi di hotel penginapannya. Dengan mengetik lokasi yang dituju, situs berpenampilan sederhana ini akan menghadirkan daftar hotel yang telah diuji dan menginformasikan kecepatan Wi-Fi di lokasi tersebut. Atau pengguna situs ini juga dapat mengetes kecepatan Wi-Fi langsung di lokasi hotel sebelum memutuskan untuk menginap disana.

Menurut Yaroslav Goncharov, President of Hotel WiFi Test, situsnya memiliki database mengenai kecepatan Wi-Fi hotel dengan jumlah terbanyak dari seluruh dunia. Goncharov mengakui bahwa ada beberapa kota yang belum tercakup dalam database tersebut, namun situs Hotel WiFi Test akan terus merambah ke lebih banyak hotel mancanegara. Menurut situs ini, kecepatan koneksi Wi-Fi hotel yang mumpuni adalah yang berada di atas 5 Mbps.

Situs ini juga menampilkan daftar peringkat hotel mancanegara berdasarkan kecepatan koneksi internet. Dari daftar 100 hotel mancanegara dengan kecepatan Wi Fi terbaik untuk periode Oktober 2013 hingga Februari 2014, hotel Grandkemang, Jakarta tercatat menduduki peringkat ke 74 dengan skor 6,0. Sementara dalam 10 besar jaringan hotel dengan kecepatan Wi-Fi terbaik diantaranya Andaz, Le Meridien, Radisson Blu, Sheraton, Marriott dan Hyatt.

LEAVE A REPLY