Arus mudik Lebaran 2014 sudah mulai menggeliat. Untuk memperlancar perjalanan mudik, seperti dikutip dari laporan Tempo (20/7/2014), Ketua Kelompok Kerja Road Transport and Traffic Management Center (RTTMC) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementeriaan Perhubungan Ahmad Wahyudi menjelaskan bahwa pemudik akan memperoleh broadcast pesan singkat atau sms mengenai pantauan arus mudik.

Untuk memperoleh SMS tersebut, pemudik tidak perlu mendaftarkan nomor teleponnya, karena broadcast sms dari Kementrian Komunikasi dan Informasi tersebut otomatis akan disebarkan melalui Base Tranciver Station (BTS). Melalui pesan singkat ini, pemudik dengan mudah mengetahui informasi mengenai arus mudik sepanjang 10 kilometer di depannya melalui hp maupun smartphone.

Selain menyebarkan informasi pantauan arus mudik Lebaran 2014 melalui broadcast sms, RTTMC juga menyediakan berbagai layanan berbasis internet. Situs resmi www.rttmc-hubdat.com akan menghadirkan pantauan kondisi jalan secara langsung melalui 45 CCTV di sepanjang jalur Pantura, pantai selatan Jawa, jalur tengah Jawa hingga jalur barat Jawa-Sumatera. Versi mobile situs ini dapat diunduh melalui Apple App Store, Google Play Store maupun BlackBerry World.

Hadir pula berbagai layanan interaksi seperti sms center di nomor 3977 atau 0813 800 6 8000 (ketik RTTMC spasi pesan), call center dan layanan melalui jejaring sosial Twitter dan Facebook. Aplikasi layanan RTTMC yang membantu pemudik memantau arus mudik Lebaran 2014 ini hadir untuk smartphone atau hp dengan berbagai platform sistem operasi termasuk BlackBerry, Android dan Symbian.

Baca juga: Usir Bosan Perjalanan Mudik Lebaran Dengan Aplikasi Game Android iOS

LEAVE A REPLY