Dalam rangka memperingati ulang tahun Nelson Mandela ke 96 yang jatuh pada tanggal 18 Juli, Google memposting Doodle interaktif tentang perjalanan hidup ikon anti apartheid yang juga mantan Presiden Afrika Selatan tersebut. Google Doodle juga menghadirkan enam kutipan luar biasa dari Nelson Mandela, demikian laporan International Business Times (18/7/2014).

Selain dapat membaca keenam kutipan bijak dari Nelson Mandela tersebut, Google Doodle juga menghadirkan cara bagi pengguna untuk membagikannya melalui jejaring sosial. Pengguna dapat menampilkan keenam kutipan dengan mengklik tanda panah berwarna jingga di sisi kanan gambar Nelson Mandela.

Kutipan tersebut dilengkapi ilustrasi perjalanan hidup Nelson Mandela, termasuk ketika dirinya dipenjara hingga meraih kebebasan, bahkan menjadi Presiden Afrika Selatan yang digambarkan sebagai ‘Long Walk to Freedom’.

Nelson Mandela lahir tanggal 18 Juli 1918 dan meninggal dunia tahun lalu, 5 Desember 2013 karena infeksi paru-paru. Setelah bebas dari penjara yang mengurungnya selama 27 tahun akibat tuduhan sabotase dan konspirasi untuk menggulingkan negara, Nelson menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan di tahun 1994 – 1999.

Selain menjadi pemenang nobel dan secara global dihormati sebagai simbol perlawanan terhadap ketidakadilan, Nelson Mandela juga dianugerahi Bharat Ratna, penghargaan sipil tertinggi India di tahun 1990.

Kutipan pertama dari Nelson Mandela yang tampil melalui Google Doodle adalah “No one is born hating another person because of the colour of his skin, or his background, or his religion.” (Tidak ada orang yang terlahir membenci orang lain karena warna kulit, latar belakang, atau agamanya).

LEAVE A REPLY