Bagi penggemar komik Marvel tentu mengenal tokoh heroik bernama Thor, si Dewa Petir. Pada hari Selasa, Marvel mengumumkan bahwa dalam komik terbaru yang akan hadir di bulan Oktober, tokoh Thor – putra Odin bersenjata palu Mjölnir akan diubah karakternya menjadi seorang wanita, demikian dilaporkan Mashable (16/7/2014). Meski belum jelas siapa yang akan menjadi Thor, namun Marvel menyebutnya sebagai pahlawan wanita baru.

Pengumuman kehadiran Thor dalam karakter wanita ini dilakukan melalui acara The View di stasiun ABC yang dipandu Whoopi Goldberg yang kemudian menyebar melalui Twitter dengan hashtag #TheView. Program The View sendiri merupakan milik Disney yang juga merupakan pemilik Marvel. Saat melihat gambar Thor wanita tersebut, sambil bercanda Whoopi berkata bahwa itu adalah dirinya yang menggunakan helm dan berkata, “Wanita putih dalam perkelahian, wanita kulit hitam untuk mencari nafkah.”

Jason Aaron, penulis serial Thor terbaru menyatakan, “Ini bukan She-Thor. Ini bukan Lady Thor. Ini bukan Thorita. Ini adalah THOR. Ini adalah THOR dari dunia Marvel. Namun ini tidak seperti Thor yang sebelumnya pernah ada.” Lebih lanjut editor Marvel, Wil Moss juga menegaskan bahwa Thor dalam sosok wanita baru ini bukanlah pengganti sementara. “Dia kini adalah satu dan satu-satunya Thor, dan dia layak,” ujar Moss.

Tampilnya Thor dalam sosok seorang wanita meneruskan tradisi Marvel untuk memperkuat karakter wanita seperti pada Captain Marvel, Storm, Black Widow dan lainnya. Namun kehadiran tokoh Thor wanita dalam komik tidak berarti Chris Hemsworth (aktor pemeran tokoh Thor putra Odin di berbagai film Marvel termasuk The Avengers) kehilangan pekerjaan. Karena sepertinya dunia sinema Marvel tidak selaras dengan komiknya.

LEAVE A REPLY