Jakarta – KawalPemilu.org, sebuah situs yang menyajikan rekapitulasi hasil perhitungan suara di Pilpres 2014 secara independen, sampai malam hari ini, Rabu (16/7/2014) menunjukkan capres Jokowi-JK unggul sementara Atas Prabowo-Hatta.

Menurut pantauan News.HargaTop.com di situs KawalPemilu.org, total TPS di Indonesia berjumlah 472.672 TPS. Berdasarkan data rekapitukasi situs Kawal Pemilu malam ini sekitar pukul 19.36 WIB, jumlah data sudah masuk dari 447.953 TPS dan Jokowi-JK sementara memperoleh 52.80% (65.471.519 suara) sedangkan pasangan capres Prabowo-Hatta 47.19% (58.505.594 suara) dan tidak sah 1.427.660 suara.

Data di situs ini berasal dari scan form C1 yang dipublish oleh KPU dan didigitisasi dengan bantuan relawan netizen yang independen. Website ini adalah bukan website resmi KPU dan angka bukan merupakan perhitungan resmi dari KPU, demikian penjelasan KawalPemilu.Org yang tertulis di situsnya.

Website KawalPemilu.org yang pembuatannya dimotori oleh Ainun Najib, alumnus Nanyang Technological University dan berdomisili di Singapura ini menyajikan tampilan situs sederhana namun sangat nyaman dalam navigasinya dengan terpapar data dari 33 provinsi di Indonesia, dari Aceh hingga Papua Barat.

Pengunjung yang ingin mengetahui hasil rekapitulasi jumlah suara Pilpres 9 Juli 2014 hanya perlu melakukan beberapa klik dan data akan ditampilkan hingga ke pelosok negeri.

Ainun Najib sendiri pernah menjadi juara olimpiade matematika dan kini bekerja sebagai konsultan di sebuah perusahaan teknologi informasi terkemuka. Situs KawalPemilu.org jadi berkat bantuan dua orang progammer yang bekerja di perusahaan teknologi ternama di Silicon Valley, Amerika Serikat. Namun kedua orang ini tidak ingin diketahui identitasnya.

Menurut Ainun yang berasal dari Gresik, Jawa Timur, sejauh ini, situs kawalpemilu.org adalah yang paling canggih dalam menyajikan data pemilu. Supaya website ini bisa berjalan baik, digunakan dua server, satu untuk internal dan satu lagi untuk kepentingan penayangan ke publik.

Ainun juga menjelaskan bahwa “Ini semua gratis,” salah satu servernya memanfaatkan layanan gratis dari Amazon.

Pingin kawal hasil pemilu pilpres 2014? Langsung aja ya ke KawalPemilu.org.

LEAVE A REPLY