Meskipun sebelumnya prediksi Microsoft Cortana meleset saat mengunggulkan Brasil di pertandingan perebutan posisi III Piala Dunia 2014 antara Brasil vs Belanda (0-3), namun prediksinya terbukti jitu di Final Piala Dunia 2014. Jerman yang diprediksi menjadi juara benar-benar meraih mahkota pemenang Piala Dunia 2014 mengalahkan Argentina. Hal tersebut membuat skor prediksi Cortana di Piala Dunia 2014 menjadi 15-1.

Baca: Jerman vs Argentina Final Piala Dunia 2014 Sesuai Prediksi Cortana

Prediksi Cortana dalam Piala Dunia 2014 Brasil dilakukan sejak babak 16 besar hingga final. Meski prediksi tersebut dibuat secara matang berdasarkan analisa dari berbagai faktor, namun tetap saja merupakan tebakan dimana sejumlah orang juga bisa sampai pada kesimpulan yang sama. Namun melalui prediksi tersebut ditunjukkan bahwa pembelajaran mesin (machine learning) dapat menjadi alat yang cukup ampuh, demikian dilaporkan Microsoft Product Reviews (13/7/2014).

Satu-satunya kesalahan dari 16 prediksi Cortana adalah pada pertandingan perebutan juara 3 Piala Dunia 2014 Brasil. Pertandingan tersebut ternyata dimenangkan oleh Belanda dengan skor 3-0. Dengan demikian peraih posisi ketiga Piala Dunia 2014 adalah Belanda, bukan Brasil seperti yang diunggulkan di prediksi Cortana.

Baca: Hasil Belanda Vs Brasil Piala Dunia 2014

Pembelajaran mesin Microsoft Bing yang mendasari cara prediksi Cortana menggunakan berbagai faktor yang akhirnya mencapai kesimpulan tim mana yang akan memenangkan pertandingan. Faktor-faktor tersebut antara lain kekuatan masing-masing tim berdasarkan menang /seri /kalah di kompetisi internasional, pertandingan babak kualifikasi dan margin kemenangan. Sebagai tambahan, dilakukan juga penyesuaikan berbagai hal yang berdampak terhadap jalannya pertandingan seperti tuan rumah, permukaan lapangan pertandingan, kondisi cuaca dan performa masing-masing tim dalam kondisi tertentu.

Keberhasilan prediksi Cortana meraih 15 kali prediksi jitu dan 1 kali gagal tentunya menjadi publikasi yang baik untuk Bing dan Microsoft, terutama dalam usaha kerasnya mengembangkan kemampuan belajar sebuah mesin.

LEAVE A REPLY