Diselenggarakannya pemilihan presiden (pilpres) 2014 di Indonesia menjadi momen khusus yang juga melibatkan peran media sosial. Setelah pada awal minggu dilaporkan bahwa Twitter mencatat jumlah hampir 100 juta tweet terkait pilpres, kini Facebook menyatakan telah terjadi lebih dari 200 juta interaksi di Facebook terkait pemilu presiden atau pilpres 2014 di Indonesia, demikian dilaporkan Tech in Asia (12/7/2014).

Sesuai penjelasan Andy Stone, pejabat kebijakan komunikasi Facebook, ada 69 juta pengguna aktif Facebook di Indonesia. Terkait pemilihan presiden yang telah dilangsungkan pada 9 Juli 2014 yang lalu, telah terjadi lebih dari 200 juta interaksi di Facebook, termasuk posting, komentar, berbagi dan menyukai (likes).

Dari ratusan juta interaksi tersebut, lebih dari dua pertiganya dilakukan oleh pengguna Facebook berumur di bawah 34 tahun. Informasi ini tidak hanya menggambarkan meningkatnya ketertarikan kaum muda mengikuti jalannya pilpres 2014, namun juga menggambarkan peran Facebook sebagai media sosial yang dominan di Indonesia, negara yang menyumbang lebih dari 15 persen jumlah pengguna Twitter mancanegara.

Facebook juga turut mengambil bagian di hari pencoblosan melalui corong “I’m a voter” (aku pemilih) yang digunakan oleh sekitar 18 juta pengguna lokal. Lebih lanjut Stone menjelaskan bahwa jumlah pengguna aktif Facebook di Indonesia tercatat tiga kali lebih banyak dibandingkan jumlah pengguna aktif Twitter.

Saat ini jutaan warga Indonesia sedang menanti berapa perolehan suara setelah pemilu presiden 9 Juli lalu dan penghitungan real count pilpres 2014.

LEAVE A REPLY