Kesuksesan Cortana, asisten virtual di Windows Phone, dalam memprediksi Piala Dunia 2014 yang ramai dibicarakan media tentu membawa keuntungan tersendiri bagi Microsoft serta mesin pencari Bing. Segera setelah Microsoft menambahkan kemampuan Cortana untuk memprediksi pemenang pertandingan sepakbola akbar yang digelar empat tahunan tersebut, Cortana langsung mempertunjukan kepiawaiannya. Di babak 16 besar hingga semifinal, tidak ada satupun prediksi Cortana yang meleset.

Aplikasi Cortana juga menjadi salah satu topik yang dibahas Satya Nadella, CEO Microsoft, pada suratnya untuk karyawan yang di posting di situs Microsoft per tanggal 10 Juli waktu setempat, demikian dilaporkan Tech Crunch (10/7/2014). Selain memfokuskan inti dari Microsoft sebagai perusahaan produktivitas dan platform pertama untuk dunia mobile dan cloud, Satya juga mendeskripsikan masa depan Cortana, aplikasi serupa Apple Siri.

Satya menjelaskan bahwa kepintaran aplikasi Cortana sebagai asisten pribadi virtual di Windows Phone tersebut akan ditingkatkan. “Di masa depan, ini (cortana) akan lebih cerdas lagi sebagai asisten pribadi yang mencatat, membuat perjanjian dan mengerti apakah pertanyaan saya mengenai cuaca adalah untuk menentukan cara saya berpakaian pada hari itu atau bertujuan untuk mulai melakukan pekerjaan kompleks seperti memesan untuk liburan keluarga,” demikian penjelasan Satya di suratnya.

Cortana for Windows Phone 8.1 pertamakali diperkenalkan Microsoft di Build 2014 bulan April lalu. Asisten digital melalui suara tersebut menjadi saingan bagi Apple Siri dan Google Now. Saat ini, aplikasi Cortana hanya hadir di Windows Phone 8.1 versi AS, lalu dikabarkan akan menuju Inggris dan Cina di beberapa bulan mendatang, kemudian rencananya akan meluncur ke mancanegara yang bisa saja termasuk Indonesia di tahun 2015.

Sementara, mengenai kemampuan prediksi Cortana di Piala Dunia 2014 Brasil, saat ini sedang menghadapi ‘ujian akhir’. Dalam pertandingan memperebutkan posisi ketiga Piala Dunia 2014 antara Brasil vs Belanda, Cortana memprediksi Brasil menjadi pemenangnya. Sementara di babak final Piala Dunia 2014, antara Argentina vs Jerman, prediksi Cortana memilih Jerman yang akan menjadi juaranya mengalahkan tim Lionel Messi. Akurat atau tidaknya prediksi Cortana tersebut tentu hanya dapat diketahui setelah pertandingan berakhir.

Baca: Prediksi Cortana: Argentina Vs Jerman Final Piala Dunia 2014

Baca: Prediksi Cortana: Brasil vs Belanda Di Posisi III Piala Dunia 2014

Baca: Prediksi Baidu & Cortana Argentina vs Jerman Final Piala Dunia 2014

1 COMMENT

  1. prediksi cortana mengenai pertandingan perebutan tempat ke tiga yg menurutnya akan di menangkan brazil akhirnya meleset, pemenangnya adalah belanda, saya rugi besar ..cortana tidak ampuh ..

LEAVE A REPLY