LG baru saja memperkenalkan perangkat wearable Android khusus untuk anak-anak. Perangkat yang mirip jam tangan pintar ini dinamakan LG KizON dan dirancang dengan fungsi khusus memantau lokasi keberadaan anak. LG KizON ditargetkan secara spesifik untuk dikenakan oleh anak tingkat TK dan SD, demikian dilaporkan Phandroid (8/7/2014).

Pada dasarnya LG KizON merupakan pelacak GPS yang dilengkapi fungsi dasar telepon. Selain berfungsi agar orang tua dapat memantau keberadaan anaknya melalui GPS dan Wi Fi serta dukungan aplikasi tertentu, KizON juga dapat digunakan untuk membuat panggilan atau menerima telepon hanya ke atau dari sebuah nomor yang telah dikonfigurasikan sebelumnya.

LG KizON akan melacak dan memberitahukan lokasi terkini seorang anak kepada orangtuanya sepanjang hari. Perangkat ini hanya memiliki satu tombol yang apabila ditekan akan langsung terhubung dengan nomor telepon yang telah dikonfigurasi terlebih dahulu (nomor tersebut dapat di-update). Apabila panggilan telepon dari orangtua tidak dijawab dalam waktu 10 detik, LG KizON otomatis langsung menerima panggilan tersebut dan memperdengarkan situasi yang sedang terjadi.

Sesuai targetnya, LG KizON memiliki desain seperti mainan dengan pilihan warna biru, pink dan hijau serta dilengkapi aksesoris karakter. Perangkat ini juga tahan air dan noda serta terbuat dari bahan Polythiourethane (PTU) yang ramah lingkungan. KizON yang dijalankan OS Android 4.1 ini dilengkapi baterai 400mAh yang mampu bertahan sekitar 36 jam dan akan memberi peringatan jika umur baterainya kurang dari 25%.

Meski LG belum mengumumkan harga jual LG KizON, namun perangkat ini dijadwalkan akan dirilis pada 10 Juli di Korea Selatan. Selanjutnya LG KizON akan mendarat di Amerika Utara dan Eropa pada kuartal ketiga tahun ini.

LEAVE A REPLY