Menjelang perayaan ulang tahun kemerdekaan Amerika yang jatuh pada tanggal 4 Juli, sebagian wilayah negara tersebut diantaranya North Carolina tengah bersiap menghadapi topan Arthur yang telah masuk Kategori 2. Untuk memberi informasi real time tentang topan Arthur tersebut, perusahaan software pemetaan, Esri, merancang peta interaktif berisi data dari NOAA (National Oceanic and Atmospheric Administration) dan media sosial yang menunjukan jalur proyeksi badai dan sebagainya, demikian dilaporkan Cnet (3/7/2014).

Melalui peta interaktif yang dapat diperoleh di situs resmi Esri, warga Amerika dapat mengetahui dengan pasti perkembangan badai Arthur terkini. Hurricane Public Information Map tersebut terdiri dari berbagai lapisan yang dapat dipilih pengguna untuk melihat apa yang sedang terjadi di Atlantik.

Masing-masing lapisan terdiri dari berbagai tipe data yang dikumpulkan melalui sumber publik seperti NOAA, radar AS dan media sosial. Dalam peta tersebut juga hadir peringatan badai dari NOAA dan geotags dari Twitter, Flickr, YouTube dan Instagram.

Digabungkannya data dari sumber publik dan media sosial diharapkan dapat menjadikan peta interaktif tersebut lebih up-to-date. Apalagi terkadang media sosial mampu menyajikan data real time dengan lebih cepat. Diprediksi topan Arthur akan mencapai North Carolina pada hari Kamis waktu setempat.

LEAVE A REPLY