Jakarta – Industri kreatif Indonesia yang didukung pasangan Jokowi-JK mendapat banyak sambutan. Salah satunya, hadir aplikasi iWitness yang digagas oleh Gerakan 2JutaRelawan Saksi Jokowi-JK yang terdiri dari Komunitas Alumni Perguruan Tinggi.

Dikutip dari Detik, (29/6/2011114), Koordinator Komunitas Alumni Perguruan Tinggi Amarsyah pada acara “Nonton Bareng (Nobar) Debat Cawapres bersama 100 Alumni ITB dan Pakar IT” di Media Center Jokowi-JK, Jl Cemara No 19, Menteng, Jakarta Pusat, mengatakan “Hari ini kita baru memperkenalkan, kita anggap hari ini sebagai soft launching.”

Lebih lanjut Amarsyah mengatakan, “Gerakan ini berangkat dari semacam kekhawatiran bahwa pemilu itu untuk memilih yang terbaik, namun seringkali pihak-pihak tertentu menghalalkan segala cara untuk meraih kemenangan.”

Menurut pantauan News.Hargatop.com, (30/6/2014), di situs resmi 2jutarelawan.com, dijelaskan, aplikasi iWitness bisa diunduh dan digunakan untuk smartphone berbagai platform seperti Blackberry, Android, Nokia Symbian, Java.

Aplikasi iWitness akan berfungsi untuk memonitoring jumlah hasil perhitungan suara pemilihan di TPS wilayah masing-masing dengan konsep realcount. Real count sendiri sangat bermanfaat sebagai data pembanding dengan rekapitulasi dari KPU.

Dalam situsnya, Gerakan 2JutaRelawan Saksi Jokowi-JK juga memberikan cara (tutorial) sederhana untuk mendaftar sebagai relawan Jokowi-JK dan cara menggunakan aplikasi iWitness ini.

“Daftar sebagai relawan saksi sesuai TPS anda, miliki aplikasi saksi iwitness, datang ke TPS sesuai yang sudah disetting, menggunakan iwitness, upload foto yang dapat digunakan sebagai legal action, katakanlah jika ada kecurangan maka foto bisa membantu karena susah dimanipulasi,” kata Sulthon Muhammad, sang perancang sistem aplikasi.

Sebelumnya, relawan Jokowi lainnya yang tergabung dalam Generasi Optimis Indonesia (GO Indonesia) juga membuat game Jokowi Go!. (Baca: Laris Manis Game Jokowi Go! Di Posisi Tiga Besar Google Play).

LEAVE A REPLY