Pimpinan Facebook Indonesia, Anand Tilak, menyatakan bahwa pengguna aktif Facebook di Indonesia kini mencapai 69 juta orang per bulan. Perkiraan jumlah pengguna aktif tersebut membuat Indonesia berada di posisi keempat negara pengguna Facebook terbanyak, setelah AS, India dan Brazil, demikian dilaporkan Wall Street Journal (27/6/2014).

Sebelumnya, pada dua kuartal yang lalu, dilaporkan bahwa sebanyak 65 juta orang Indonesia menjadi pengguna aktif Facebook. Berarti telah terjadi peningkatan 6% dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu pasar terbesar bagi jejaring sosial populer tersebut, dengan mengabaikan fakta keterbatasan akses internet dan jumlah pemilik smartphone di Indonesia yang diprediksi hanya sekitar 23 persen dari total 240 juta penduduk tanah air.

Potensi perkembangan pengguna Facebook di Indonesia masih terbuka lebar seiring peningkatan akses web. Apalagi menurut hasil survei lembaga penelitian pemasaran Millward Brown, saat ini masyarakat Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 9 jam sehari menggunakan perangkat elektroniknya.

Data jumlah pengguna Facebook di Indonesia ini dilaporkan bersamaan dengan diluncurkannya alat pelacak (tracker) bernama Facebook Suara Indonesia dalam rangka mendukung jalannya pesta demokrasi pemilihan presiden pada 9 Juli mendatang. Halaman tracker tersebut menampilkan cara pengguna berinteraksi dengan para kandidat yang akan bertarung di pilpres melalui Facebook dari waktu ke waktu.

SHARE

LEAVE A REPLY