Google mengumumkan kehadiran Android One, sebuah program untuk mempermudah pembuatan smartphone murah kualitas tinggi yang khususnya ditargetkan untuk negara berkembang. Program yang diumumkan perusahaan pada hari Rabu melalui konferensi developer Google I/O tersebut bertujuan untuk lebih memperluas pasar Android, demikian dilaporkan Techcrunch (25/6/2014).

Di atas panggung, SVP Google Sundar Pichai berdiskusi mengenai kemerataan penggunaan perangkat mobile dan smartphone di beberapa tempat seperti India dan negara berkembang lainnya. Menurut Sundar, di pasar tersebut baru tercatat kurang dari 10 persen pengguna smartphone.

Melalui Android One, Google menghadirkan referensi desain hardware dan software untuk pembuatan ponsel pintar yang juga didukung Android. Google akan mengijinkan pabrikan hardware untuk mengakses ke Google Play Store sehingga dapat melengkapi aplikasi lokal yang relevan di perangkatnya. Ini juga berarti smartphone tersebut akan secara otomatis menerima update terkini, seperti yang terjadi di perangkat Nexus.

Smartphone Android murah pertama dari Android One akan diproduksi oleh Micromax, produsen smartphone terkenal di India. Ponsel pintar berlayar 4.5inch ini hadir dengan berbagai fitur yang penting bagi pengguna, antara lain FM Radio, dual SIM, kartu microSD dan tentunya harga murah, yaitu di bawah US$100.

Selain mengumumkan Android One, ajang konferensi developer Google I/O yang diselenggarakan di San Fransisco ini juga dipergunakan untuk memperkenalkan berbagai hal seputar Android, diantaranya Android Auto dan Android Wear.

Baca : Google Android Auto Mirip Google Now Khusus Untuk Mobil

 

LEAVE A REPLY