Setelah BlackBerry Passport diperkenalkan oleh CEO BlackBerry – John Chen, hari ini perusahaan memberi informasi tambahan mengenai fitur terbaru Passport yang fokus pada bagian keyboardnya. Fitur yang dinamakan ‘touch-enabled keyboard‘ atau keyboard sentuh ini menawarkan perpaduan antara menavigasi keyboard dengan cara menekan seperti pada umumnya dan melalui teknologi sentuh kapasitif, demikian dilaporkan PhoneDog (24/6/2014).

Keberadaan fitur keyboard sentuh di BlackBerry Passport terungkap melalui sebuah postingan blog saat BlackBerry merilis BlackBerry 10.3 Developer Preview OS, simulator, dan SDK bagi komunitas developer. Di bagian perkenalan fitur keyboard sentuh terbaru tertulis bahwa fitur ini akan hadir di BlackBerry Passport. Dengan fitur keyboard sentuh, pengguna dapat menavigasi website, email dan lainnya dengan cara mengusapkan jari, bukan hanya menekan, pada keyboard BlackBerry Passport.

Selain itu, fitur-fitur yang melengkapi kehadiran keyboard sentuh diantaranya fitur scroll atau bergulir, kendali kursor dan pilihan teks, tombol virtual kontekstual, flick, menghapus atau menyisipkan karakter beraksen. Sebagai contoh, pengguna dapat bergulir ke atas dan ke bawah secara mudah dengan menggusap keyboard, tanpa menyentuh layar. Atau pengguna dapat mengetuk keyboard dua kali lalu menyeret jari sepanjang keyboard untuk meletakan kursor di tempat yang diinginkan.

Kehadiran fitur keyboard 3 baris yang sensitif di BlackBerry Passport memang telah diisukan sejak beberapa waktu lalu. Perusahaan menjelaskan bahwa Passport akan dilengkapi ‘touch-enabled keyboard‘ yang menawarkan peningkatan produktifitas dan ketepatan dalam menggunakan BlackBerry 10, serta dapat membuka peluang baru bagi pembuat dan pengguna aplikasi.” BlackBerry Passport sendiri diharapkan segera hadir di pasar pada bulan September mendatang.

LEAVE A REPLY