Ribuan calon siswa SMP/SMA Jakarta memanfaatkan cara pendaftaran online ke berbagai sekolah favorit melalui situs PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru). Sayangnya, begitu banyaknya calon siswa yang akan mendaftar online mengakibatkan situs beralamat http://jakarta.siap-ppdb.com menjadi sulit dibuka dan menimbulkan kepanikan para orang tua siswa.

Berdasarkan laporan Tempo (22/6/2014) terjadi kepanikan akibat sulitnya akses ke situs PPDB sehingga para orang tua murid memutuskan untuk tetap pergi ke sekolah tujuan. Menanggapi hal tersebut, pada hari Senin (23/6/2014) Humas SMA 78 Jakarta Barat menyarankan agar orang tua siswa tidak perlu panik karena masih cukup waktu yang disediakan untuk mendaftar secara online.

Sumarna menjelaskan bahwa sulitnya membuka situs PPDB dikarenakan banyaknya jumlah peminat yang mengakses situs tersebut, sementara server yang tersedia hanya satu. Untuk mengatasinya, menurutnya pihak sekolah juga sudah menyiapkan loket pendaftaran online di sekolah dalam rangka mencegah kepanikan orangtua yang tidak bisa mengakses situs PPDB online.

PPDB online merupakan salah satu cara mudah bagi calon siswa SMP/SMA tahun ajaran 2014/2015 untuk mendaftar di sekolah favoritnya. Pendaftaran online tersebut mulai dibuka hari Senin (23/6) hingga Jumat (28/6) untuk jalur umum, dimana sekolah negeri akan menerima 45 persen dari total jumlah kursi yang tersedia. Kemudian, pada 3-6 Juli akan dilakukan PPDB jalur lokal dengan jumlah porsi yang sama, yakni 45 persen dari total jumlah kursi yang tersedia. Sisa 10 persen kursi dipersiapkan untuk jalur prestasi.

Langkah selanjutnya setelah meregistrasi siswa melalui situs resmi PPDB, pendaftar harus mengantarkan berkas-berkas asli Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional, Akte lahir dan Kartu Keluarga ke sekolah tujuan. Setelah memeriksa kelengkapan surat-surat tersebut, maka pihak sekolah akan membagikan sebuah token yang digunakan untuk mengkonfirmasi aplikasi pendaftaran melalui situs PPDB. Pengumuman penerimaan siswa baru juga akan dipublikasikan melalui situs PPDB pada hari Senin, 30 Juni 2014.

SHARE

LEAVE A REPLY