Berbagai sosial media seperti Twitter dan Facebook saat ini diramaikan oleh hal-hal seputar Piala Dunia Brazil 2014. Bahkan FIFA World Cup 2014 disinyalir menjadi acara sosial media terbesar hingga saat ini, demikian dilaporkan CNN (23/6/2014).

Sebagai contoh, saat pertandingan grup G antara kesebelasan AS melawan Portugal pada hari Minggu waktu setempat, Facebook mengatakan bahwa 10 juta orang melakukan 20 juta interaksi mengenai berbagai hal seputar pertandingan. Sementara menurut catatan Twitter Data, tercipta 8 juta tweet saat pertandingan sedang berlangsung.

Terkait pertandingan tersebut, nama Cristiano Ronaldo disinggung di Twitter sebanyak 1,5 juta kali. Kepopuleran Ronaldo ini terjadi setelah dirinya berhasil menyeberangkan bola dengan mulus yang membantu terciptanya gol di gawang AS pada menit terakhir yang membuat hasil imbang 2-2.

Pertandingan pembuka Piala Dunia antara Kroasia dan Brazil bahkan berhasil mencatat terciptanya 12.2 juta tweet. Hal ini tidak terlalu mengejutkan mengingat Brazil menjadi negara kelima pengguna Twitter terbanyak di seluruh dunia, dibawah US, UK, Kanada dan Australia.

Twitter juga menciptakan #WorldCup untuk memfasilitasi obrolan seputar Piala Dunia. Ruang ini menampilkan tweet dari klub-klub terpilih, media, pemain dan FIFA. Tweeter juga memungkinkan penggunanya memilih bendera negara favorit sebagai avatar dengan menambahkan “hashflags“.

Baca juga Twitter Rilis Tagar Hashflags Piala Dunia 2014

Sementara dalam minggu pertama berlangsungnya FIFA World Cup Brazil antara tanggal 12 hingga 18 Juni 2014, telah tercatat 459 posting, like dan komentar di Facebook. Jumlah tersebut jauh melampaui interaksi yang terjadi di media sosial tersebut saat berlangsungnya Super Bowl (185 juta) dan Academy Award (25.4 juta).

Melalui sebuah email, jurubicara Facebook menjelaskan, “Acara olahraga selalu mendorong sejumlah besar percakapan di Facebook, namun apa yang kita lihat selama Piala Dunia sangat luar biasa.” Untuk mendukung kemeriahan pertandingan sepakbola dunia empat tahunan tersebut, Facebook membuat semacam one-stop-home bertajuk Trending World Cup.

LEAVE A REPLY