Pada hari Kamis (19/6/2014), situs jejaring sosial LinkedIn yang dikhususkan bagi para profesional meluncurkan aplikasi lowongan kerja untuk membantu para pencari pekerjaan. Menurut penjelasan di situs resminya, aplikasi LinkedIn Job Search membantu pengguna jejaring sosial tersebut yang sedang mencari pekerjaan melalui perangkat mobilenya. Namun saat ini aplikasi tersebut secara eksklusif dibuat untuk pengguna iPhone, demikian dilaporkan The Next Digit (21/6/2014).

Aplikasi LinkedIn Job Search yang menjadi alat bantu untuk mempercepat mencari pekerjaan ini menghadirkan pilihan mudah dan saringan untuk lowongan kerja lewat aplikasi, dimana Anda dapat menyaring lowongan kerja baru yang diurutkan berdasar tanggal, relevansi, industri, jabatan dan sebagainya. Jika jejaring sosial ini merasa Anda cocok dengan lowongan kerja yang ditawarkan, secara otomatis akan memberitahukannya dan secara instan Anda dapat melayangkan lamaran kerja.

Anda juga akan memperoleh pemberitahuan bila surat lamaran kerjanya telah dilihat oleh karyawan HR. LinkedIn juga menekankan bahwa aplikasi gratis ini tidak akan mempublikasikan lamaran kerja seseorang ke pengguna lain di jaringannya.

“Lebih dari 40 persen dari Anda (pengguna LinkedIn) saat ini menggunakan (perangkat) mobile untuk mencari kerja lewat LinkedIn,” demikian penjelasan perusahaan saat mengumumkan kehadiran Job Search. “Kami menyadarinya. Sangat sulit untuk mencari pekerjaan ketika Anda terikat di meja kerja, belum lagi menghadapi kemungkinan pembicaraan yang tidak menyenangkan dengan bos Anda saat ini. Tujuam kami untuk membuat proses ini menjadi lebih mudah bagi Anda dan membantu Anda bertindak bijaksana.”

Sayangnya, aplikasi LinkedIn Job Search saat ini hanya diperuntukkan bagi penduduk di Amerika Serikat. Selain itu, hanya pengguna iPhone yang dapat menggunakan aplikasi lowongan kerja ini, tanpa ada penjelasan mengenai kemungkinan aplikasi Job Search hadir untuk pengguna Android, BlackBerry ataupun Windows Phone. Namun menurut situs Tech Times, LinkedIn Job Search for Android akan segera diluncurkan akhir tahun 2014.

LEAVE A REPLY