Facebook Inc meluncurkan aplikasi mobile bernama Slingshot yang memungkinkan konsumen berbagi foto dan video tanpa memerlukan akun Facebook. Aplikasi Slingshot merupakan upaya ketiga dari Facebook untuk merayu pengguna Snapchat, setelah sebelumnya meluncurkan Poke di Desember 2012 dan kemudian berusaha mengakuisisi Snapchat, demikian dilaporkan Information Week (17/6/2014).

Melalui aplikasi Slingshot, pengguna dapat masuk ke layanan Facebook melalui nomor ponsel mobile dan terhubung dengan teman-teman yang ada di daftar kontak atau dengan mencari teman-teman Facebooknya. Facebook menjelaskan bahwa Slingshot mengharuskan pengguna untuk membagi sesuatu sebelum dapat melihat kiriman foto atau video dari temannya.

Melalui posting blog, Facebook mengatakan, “Dengan Slingshot, kami ingin membangun pesan dimana semua orang adalah pencipta dan tidak ada yang hanya menjadi penonton. Ketika semua orang berpartisipasi, tekanan akan berkurang, lebih kreatif, dan bahkan hal kecil dalam hidup dapat menjadi pengalaman menarik untuk dibagikan.”

Ketika menerima pesan, pengguna dapat menghapusnya tanpa dilihat atau merespons dengan mengirim sesuatu terlebih dahulu, apakah dalam bentuk komentar atau sebuah foto atau video. Setelah dilihat, beberapa detik kemudian foto yang dibagikan melalui Slingshot akan terhapus secara otomatis dari ponsel pengguna. Hal ini mencerminkan pengetatan masalah privasi di kalangan jejaring sosial akhir-akhir ini.

Seperti aplikasi Paper, Slingshot juga dibuat dari Creative Labs milik Facebook. Ketika pengguna membuka aplikasi ini, akan dituntun untuk melakukan beberapa langkah untuk mengatur akun yang meliputi pemilihan nama pengguna, memasukan nomor ponsel mobile dan membuat kode verifikasi.

Jika pengaturan akun sudah selesai, Slingshot akan membuka aplikasi kamera di perangkat untuk memudahkan pengguna membidik foto atau membuat video. Tombol di bagian bawah memungkinkan pengguna mengatur kamera yang digunakan, kamera depan atau kamera utama serta mengaktifkan atau mematikan lampu kilat. Untuk membidik foto, ketuk tombol Shoot, sedangkan untuk merekam video sepanjang maksimal 15 detik, tekan tombol Shoot dan tahan.

Seperti Snapchat, pengguna dapat menambahkan teks atau doodle ke video atau foto sebelum dikirim. Namun tidak seperti di Snapchat, pengguna Slingshot dapat menandai gambar dan video dengan sebuah lokasi sebelum mengirimnya. Lokasi ini akan terlihat oleh penerima, namun apabila pengguna tidak ingin diketahui lokasinya, dapat mematikannya dengan pengaturan di ponsel.

Perbedaan lainnya dengan Snapchat adalah pengguna Slingshot dapat menyimpan video dan gambar yang telah otomatis dibagikan di rol kamera. Pilihan ini tidak secara otomatis aktif, pengguna harus mengaturnya di pengaturan Slingshot yang dapat dibuka dengan mengusap ke bawah di mode kamera dan mengetuk nama pengguna di ujung kiri atas.

Aplikasi Slingshot akan hadir di US mulai hari Selasa (17/6/2014) untuk pengguna perangkat Android dan iOS.

LEAVE A REPLY