Empat hari yang lalu, artis dan aktivis asal Cina Ai Weiwei mengunggah foto selfie dirinya ke Instagram dalam pose memegang kakinya seperti memegang pistol atau disebut sebagai Leg-gun. Ternyata pose tersebut menarik minat banyak orang dan menjadi tren. Akun Instagram Ai Weiwei kemudian dibanjiri foto orang-orang dari penjuru dunia dengan pose yang sama, beberapa diantaranya memberi tanda #endgunviolence, demikian dilaporkan Cnet (15/6/2014).

Dalam foto selfie-nya, Ai Weiwei yang tampil mengenakan celana pendek, kaus kaki dan topi jerami, memegang kakinya seperti pistol dan membidik sesuatu. Tidak diketahui arti dari foto tersebut, namun sebagai aktifis, Ai Weiwei memang seringkali terlibat dalam penggunaan jejaring sosial untuk memancing reaksi pemerintah Cina.

Tidak dihadirkannya pernyataan yang jelas terkait foto selfie tersebut membuatnya memperoleh interpretasi yang berbeda-beda. Namun apapun alasannya, foto tersebut telah memicu pembicaraan mancanegara mengenai sejumlah topik seperti penindasan, kekerasan, seni, kebebasan dan hal yang menyenangkan.

SHARE

LEAVE A REPLY