Kebiasaan minum menjadi salah satu faktor penting untuk  kesehatan. Untuk itu, hari ini (13/6/2014 waktu setempat) diluncurkan kampanye awal penjualan Vessyl Smart Cup – si cangkir pintar yang mampu memberitahukan secara real time kandungan kalori, gula, protein dan lemak dari minuman yang dikonsumsi, demikian dilaporkan Businessweek (13/6/2014).

Vessyl dilengkapi teknologi khusus yang menggunakan berbagai sensor molekul sehingga dapat menganalisa kandungan suatu minuman dan mendeteksi jenis minuman yang dituangkan. Selanjutnya, cangkir pintar 13 ons ini akan menampilkan info tersebut melalui sinar kecil berwarna di sisi cangkir. Garis sinar berwarna biru terang yang hadir di cangkir dimiringkan ke belakang mengindikasi tingkat hidrasi pengguna.

Tidak hanya itu, menurut Mark One – startup yang berada di belakang kehadiran produk baru ini, Vessyl juga akan memberi informasi mengenai batasan sehat suatu kandungan minuman. Jadi, selain melacak berapa banyak kafein yang telah dikonsumsi, cangkir pintar ini juga memberi tahu berapa jumlah yang dianggap terlalu banyak.

Vessyl dirancang dengan permukaan anti lengket di kedua sisinya dan dilengkapi tutup anti tumpah. Cangkir pintar ini juga dapat disinkronisasikan ke smartphone melalui Bluetooth dan aplikasi Vessyl. Saat kondisi baterai penuh, Vessyl diklaim mampu bertahan selama 5 hingga 7 hari. Sedangkan untuk mengisi ulangnya disediakan charger nirkabel dan membutuhkan waktu 60 menit agar baterai kembali penuh.

Vessyl telah dapat di pre-order untuk waktu terbatas dengan harga jual US$99 dalam rangka menggalang dana awal, dan kemudian harga tersebut akan naik menjadi US$199. Rencananya perusahaan akan mulai mengirimkan Vessyl Smart Cup pada musim semi tahun 2015.

SHARE

LEAVE A REPLY