Salah satu target utama Mozilla adalah menghadirkan smartphone level pemula berbasis OS Firefox dengan harga murah untuk negara berkembang. Kini, niat Mozilla tersebut akan segera terwujud lewat rencananya menghadirkan handset pintar murah di Indonesia dan India beberapa bulan mendatang seharga US$25 atau sekitar Rp. 295 ribu, demikian dilaporkan Wall Street Journal (11/6/2014).

Menurut penjelasan Gong Li – COO Mozilla, kehadiran smartphone seharga US$25 ini akan mempersempit jarak antara smartphone dan ponsel fitur sehingga mendorong pengguna ponsel fitur untuk beralih ke smartphone.

Untuk mampu menghadirkan smartphone dengan harga super murah tersebut, Mozilla dikabarkan bekerjasama dengan produsen mikrochip asal Cina, Spreadtrum Communications, Inc., dalam rangka membuat chipset murah yang diprediksi menyerupai CPU ARM Cortex A5.

Menurut Gong Li, Mozilla berharap melalui harga murah yang ditawarkan dan dengan memperluas jaringan distribusi, smartphone Firefox ini mampu terjual sebanyak 10 juta unit selama 12 bulan kedepan. Saat ini dirinya menyatakan bahwa OS Firefox telah digunakan oleh lebih dari satu juta smartphone.

SHARE

LEAVE A REPLY