Raksasa teknologi Google bekerjasama dengan jejaring sosial populer Twitter dalam layanan Public Alerts di Google Now, Search dan Maps untuk membantu korban saat terjadi krisis atau bencana. Kerjasama antara Google Public Alerts dan Twitter tersebut terjalin mulai hari Selasa (3/6/2014) dimana Public Alerts mulai melibatkan tweets dari lokasi yang terkena bencana, demikian dilaporkan BGR (5/6/2014).

Saat peluncuran layanan Public Alerts, Google menjelaskan, “Mulai hari ini, Anda dapat menemukan data terkait dari Twitter sebagai bagian dari Google Public Alerts.” Informasi yang diperoleh dari tweet masyarakat akan digunakan untuk menjawab beberapa pertanyaan seperti “Apakah sekolah ditutup?” atau “Apakah para tetangga membantu evakuasi?” atau “Apa yang dilihat orang-orang yang berada di lokasi terdekat dengan badai?”.

Google menekankan bahwa hingga kini Twitter hanya berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan ‘peringatan publik dan tanggapan krisis’. Saat ini, hanya daerah yang berbahasa Inggris yang dapat mengakses layanan kerjasama ini, namun Google berencana untuk memperluas program tersebut di masa depan.

SHARE

LEAVE A REPLY